Peliput: Risnawati — Editor: Ardi Toris

SULTRA, BP- Guna mengakselerasi gagasan dan visi-misi pembangunan Gubernur Sulawesi Tenggara (Sultra) dalam masa baktinya, Gubernur Sultra H Ali Mazi SH melantik dan mengambil sumpah jabatan sembilan orang tokoh, ahli, dan tenaga profesional dalam formasi Tim Gubernur untuk Percepatan Pembangunan (TGUPP) Sultra, di Ruang Merah Putih, Rujab Gubernur Sultra, (8/07)

Sembilan anggota tokoh, ahli, dan tenaga profesional dalam formasi Tim Gubernur untuk Percepatan Pembangunan (TGUPP) Sultra Foto IST

Pengangkatan sembilan orang dari berbagai latar belakang keahlian dan profesionalisme ini termaktub pada Keputusan Gubernur Sulawesi Tenggara (Kepgub Sultra) Nomor 330 Tahun 2020, tertanggal 19 Juni 2020.

Kesembilan orang tersebut adalah Hj Sulastri SH MH (Ketua), Drs Abu Haria Mulku (Anggota) Drs H Munsir MSi (Anggota), Amiruddin Nurdin SE. (Anggota), Hasid Pedansa (Anggota), Muh Tahir Lakimi SAg (Anggota), Robert Piter Raru SH MSi (Anggota), Drs H Muchtar Silondae MSi (Anggota), dan H Muh Faisal SE MSi (Anggota).

Pembentukan TGUPP Sultra didasari pada pemikiran tentang dibutuhkannya sebuah tim khusus yang berdedikasi tinggi guna mengawal dan memastikan satuan-satuan kegiatan dapat tereksekusi dengan baik dan tepat sasaran secara holistik dari hulu hingga ke hilir.

Sesuai namanya, TGUPP adalah sebuah tim dan bukan merupakan organisasi perangkat daerah, sebagaimana dijelaskan dalam Kepgub Sultra, TGUPP merupakan tim yang dibentuk dalam rangka percepatan pelaksanaan pembangunan dan peningkatan pelayanan publik dengan fokus pada program prioritas gubernur.

TGUPP Sultra secara operasional berkedudukan di bawah dan bertanggung jawab langsung kepada Gubernur Sultra dengan tugas membantu Gubernur dalam hal (1) Melaksanakan pengkajian dan analisis kebijakan Gubernur (2) Memberikan pertimbangan, saran dan masukan dalam penyusunan dan pelaksanaan kebijakan Gubernur (3) Melaksanakan pemantauan dan evaluasi pelaksanaan kebijakan gubernur (4) Menerima informasi dari masyarakat dalam pelaksanaan kebijakan gubernur (5) Melaksanakan pendampingan program prioritas gubernur yang dilaksanakan oleh Perangkat Daerah (6) Melaksanakan pemantauan proses perencanaan dan pengganggaran oleh Perangkat Daerah (7). Melaksanakan mediasi antara Perangkat Daerah dan pihak terkait dalam rangka menyelesaikan hambatan pelaksanaan program prioritas Gubernur (8) Melaksanakan tugas yang diberikan oleh Gubernur dan (9) Melaporkan dan mempertanggung jawabkan pelaksanaan tugasnya kepada Gubernur.

Gubernur Sultra Ali Mazi memastikan, sembilan orang dalam TGUPP Sultra diisi oleh mereka yang kompeten dan bertugas membantu kerja Gubernur dan Wakil Gubernur. Salah satu tugas mereka adalah melakukan koordinasi dan supervisi.

TGUPP Sultra ini tidak akan berinteraksi dengan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemprov secara langsung, tetapi hanya mengoordinasi dan mensupervisi untuk memastikan semua yang menjadi Program Prioritas Gubernur sinkron dengan pelaksanaannya.

TGUPP akan fokus di delapan bidang kerja yakni bidang Perencanaan, Pembangunan dan Pengelolaan SDA, bidang Sosial Kemasyarakatan, bidang Sosial Politik, bidang Ekonomi, bidang Pariwisata, Kesra, Pemuda dan Olahraga, bidang Regulasi dan Kebijakan Publik, bidang Lingkungan Hidup, Energi, dan Sumber Daya Mineral, bidang Perikanan dan Kelautan.

Pelantikan TGUPP Sultra ini dihadiri oleh Pj Sekda Pemprov Sultra La Ode Ahmad PB, jajaran Forkopimda dan sejumlah Kepala OPD/Biro lingkup Pemprov Sultra.(*)

Pin It on Pinterest