• dr Lukman: Pasien 05 Memiliki Riwayat Kontak Dengan Pasien 04

BAUBAU, BP- Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Baubau merilis, data Pasien Positif Virus Corona atau Covid-19 di Kota Baubau kini berjumlah lima orang. Di mana satu pasien baru merupakan seorang anak dengan umur 11tahun.

Juru Bicara Covid-19 Kota Baubau, dr Lukman SpPD mengatakan, berdasarkan surat dari kepala Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) yang diterima oleh pihaknya, Jumat (08/05), hasil Polymerase Chain Reaction (PCR) dua pasien yang dikirim salah satunya pasien 05 umur 11 tahun dinyatakan positif Covid-19.

” Hasil PCR dua pasien yang dikirim, saudara S (55) tahun hasilnya negatif, selanjutnya satu pasien (05-red) dinyatakan positif, jadi jumlah terkonfirmasi pasien positif di Kota Baubau yakni lima orang,” kata Lukman.

Dikatakan, untuk pasien 05 lima ini merupakan cluster Raha dan berdasarkan riwayat kontak dengan pasien 04, tiga minggu sejak tanggal 20 April. Menurutnya kasus pasien 05 ini belum dinyatakan transmisi lokasl, pasalnya ini baru generasi pertama dan dikatakan sebagai transmisi lokal apabila merupakan transmisi dari generasi kedua ke generasi ketiga.

Berdasarkan permintaan dan jaminan dari keluarga, pasien 05 ini akan menjalani penanganan dengan isolasi mandiri secara ketat di rumahnya. Pihak Gugus Tugas Covid-19 juga akan memastikan secara ketat pemberian suplemen dan vitamin, serta asupan bergizi kepada pasien 05.

dr Lukman juga menambahkan jika kondisi pasien 01,02,03 dan 04 dalam keadaan stabil. Pihaknya juga telah mengirimkan hasil swab di hari ke-13 dan 14 pasien selama mengikuti protokol penanganan pasien Covid-19 dan belum menerima hasilnya.

” Jadi setelah kita rawat, kita hitung di hari ke-13 hari 14, jadi selang sehari kita lakukan dua kali swab test, itu syarat ketentuan,” terangnya,” terangnya.

Berikut data Covid-19 per Jumat 8 Mei 2020 :

127 orang tanpa gejala (OTG),

15 orang dalam pemantauan (ODP),

1 pasien dalam pengawasan (PDP), dan

5 pasien terkonfirmasi positif covid-19.

Peliput: Prasetio M

Pin It on Pinterest