Kepala Dinas Kebakaran Tamsir Tamim (kiri) dan Plt Direktur PDAM Ali Hasan

BAUBAU, BP – Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelematan Kota Baubau akan membangun pos Pemadam Kebakaran (Damkar) di Kecamatan Bungi, Sorawolio dan kawasan palagimata. Namun harus disiapkan sumber airnya terlebih dahulu.

Kadis Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Baubau MZ Tamsir Tamim mengatakan, dengan adanya pos dan sumber airnya, jika terjadi kebakaran lebih cepat dipadamkan. Terlebih pada lokasi-lokasi yang sulit dijangkau.

“Tetapi di dalam pos itu kita memerlukan air, jadi ada beberapa kawasan itu yang harus kita siapkan airnya. Apabila terjadi kebakaran tinggal kita ambil di tempat terdekat,” katanya saat ditemui di Kantor Wali Kota Baubau, Selasa (21/01).

Untuk sementara kata dia, seperti di Kecamatan Bungi sumber airnya masih berasal dari alam. Namun untuk di kawasan seperti Kecamatan Betoambari atau di Kecamatan Wolio memerlukan bak penampungan air.

“Sudah ada di depan Kantor PU, tinggal disuntik PDAM. Ada juga masyarakat yang punya air itu kita sudah koordinasikan, agar itu bisa dimanfaatkan oleh Damkar. Jika terjadi kebakaran, tentu memudahkan karena airnya dekat dan respon timenya lebih cepat,” paparnya.

Di tempat yang sama, Plt Direktur PDAM Baubau Ali Hasan menambahkan, pelayanan air untuk pemadam kebakaran selama ini menggunakan sumber air yang di pelabuhan. Pola tersebut kata dia, harus dirubah.

“Kita harapkan agar pelayanan tangki air itu tidak di sana terus, tetapi bak khusus yang ada di depan Kantor PU itu, agar pelayanan PDAM terhadap kapal tidak terganggu,” tandasnya. (**)

Peliput: Zaman Adha

Pin It on Pinterest