Peliput : Amirul

BATAUGA,BP-Bupati Buton Selatan H. La Ode Arusani menerima kunjungan PLN UP3 Baubau di ruang rapat Bupati Busel, Senin, (14/6).

Hadir dalam kunjungan itu, Manager Bagian Pelayanan
M. Syamsul Kamar, Manager Bagian Perencanaan Anugera Dewangga, Manager Bagian Pembangkitan, Tirta Cahyadi, Manager ULP Baubau Kota
Dambaruddin

Sementara H La Ode Arusani didampingi Asisten III Setda Buton Selatan, Staf Ahli Bupati Buton Selatan, Kepala BAPPEDA Buton Selatan dan Kabag. Ekonomi dan SDA Setda Buton Selatan.

Pada kesempatan itu, H La Ode Arusani memaparkan sejumlah kawasan strategis baru yang nantinya membutuhkan suplai daya listrik oleh PLN yakni pembangunan kawasan-kawasan strategis baru yang sangat membutuhkan suplai daya listrik oleh PLN, yaitu Pengembangan Kawasan Perkantoran Masiri, Pembangunan RSUD Buton Selatan, Pembangunan Perkantoran di Laompo, Pembangunan Pelabuhan Rakyat, pembangunan Pelabuhan Perikanan, Pembangunan Pelabuhan Kapal Feri, rencana pembangunan PJU disemua kecamatan di Buton Selatan, serta rencana Pengembangan kawasan strategis lainya di 7 (tujuh) kecamatan Kabupaten Buton Selatan.

F01.6 Nuansa pertemuan dan diskusi antar Bupati Buton Selatan H. La Ode Arusani bersama pejabat PLN UP3 Baubau, di ruang rapat Bupati Busel Foto Amirul-BaubauPost

“Semua rencana strategis pembangunan sangat membutuhkan dan pasokan listrik yang cukup besar, olehnya itu dukungan kerjasama PLN sangat kami butuhkan,” tutur Arusani

Ia juga berharap agar PLN UP3 Baubau dapat mensuport percepatan pembangunan di Buton Selatan khususnya dibidang kelistrikan agar visi dan misi pemerintah daerah dalam mensejahterakan masyarakat Buton Selatan dapat tercapai.

Menyikapi hal itu, dalam pertemuan tersebut PLN UP3 Baubau akan selalu memberikan dukungan maksimal dalam upaya support percepatan pembangunan di Buton Selatan. Apa yang dipaparkan oleh Bupati Buton Selatan akan dimasukan dalam rencana kerja PLN UP3 Baubau.

Kepala Ekonomi Busel Amir Sarlito Womal mengatakan pada lokasi kawasan perkantoran Masiri yang sementara difungsikan sebagai Rumah Sakit sementara penanganan Covid-19, saat ini PLN sedang mengerjakan dan secepatnya akan menyambungkan daya listrik PLN. Sedangkan kawasan RSUD Buton Selatan, tim PLN UP3 juga telah dilakukan peninjauan.

“Untuk Penerangan Jalan Umum (PJU), PLN menyarankan agar Pemda mendorong penggunaan PJU mandiri. Untuk kawasan-kawasan strategis baru yang akan dikembangkan Pemda Buton Selatan akan disinergikan sehingga pihak PLN juga dapat menyesuikan untuk program kerjanya,” tutur Amir Sarlito Womal saat ditemui di ruang kerjanya.

Lanjutnya, itu sebagai wujud apresiasi PLN terhadap Pemda Buton Selatan yang selalu tepat waktu diantara 8 (delapan) Kabupaten/Kota wilayah kerja UP3 Baubau dalam pembayaran PJU. Pihak PLN juga menawarkan fasilitas pemasangan listrik bagi PKL melalui pemasangan SPLU oleh PLN dititik lokasi PKL yang nanti mekanisme penggunaanya diatur mandiri oleh para pengguna dalam hal para PKL.

Terkait dengan Perluasan dan pengembangan kelistrikan di wilayah kepulauan (Kadatua, Siompu, Batuatas) Pemda Buton Selatan dan PLN UP3 Baubau bersepakat untuk membuat jadwal pertemuan lanjutan untuk membicarakan khusus persoalan listrik di kepulauan tersebut.

Sebagai gambaran bahwa di tiga pulau tersebut Siompu dan Kadatua sudah ada akses listrik yang beroperasi 12 jam, sedangkan di Pulau Batuatas belum ada akses listrik dari PLN.

“Persoalan ini akan menjadi skala prioritas PLN bersama pihak pemerintah daerah untuk bersama-sama diselesaikan, sehingga nanti masyarkat bisa menikmati layanan listrik yang akan berdampak pada perkembangan sektor ekonomi masyarakat,” tukasnya.(*)

Pin It on Pinterest