Peliput: Duriani

WAKATOBI, BP – Panitia Pengawas pemilihan Umum (Panwaslu) Kabupaten Wakatobi berencana dalam waktu dekat ini akan turun lapangan guna melaksanakan kegiatan sosialisasi pengawasan partisipatif disetiap kecamatan yang tersebar di Kabupaten Wakatobi.

Sosialisasi dimaksud sebagai salah satu rangkaian tugas pokok dan fungsi Panwaslu Wakatobi jelang pesta demokrasi lima tahunan yakni Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) tahun 2018 mendatang.

Ketua Panwaslu Kabupaten Wakatobi, La Ode Muhammad Arifin mengungkapkan sosialisasi itu bertujuan memberikan edukasi berupa pemahaman kepada seluruh stakeholder untuk pentingnya bersama-sama mengawasi seluruh tahapan Pilgub tahun 2018.

“Tujuan sosialisasi ini nanti memberikan pemahaman kepada masyarakat tentang pengawasan pemilihan disetiap kecamatan. Lalu mendorong partisipasi masyarakat dalam pengawasan pemilihan dan menjadikan masyarakat sebagai relawan pengawas pemilihan disetiap kecamatan,” ungkap Arifin sapaan La Ode Muhammad Arifin di Wangi-Wangi Jumat (8/12/2017).

Kata Arifin, dalam sosialisasi itu nanti pihaknya telah menargetkan peserta dari berbagai jenjang kelembagaan disetiap kecamatan. Sehingga diharapkan masing-masing peserta dari berbagai jenjang kelembagaan bisa mengambil peran untuk mensukseskan Pilgub Sultra 2018 nanti.

“Rencana minggu depan ini kita akan lakukan kegiatan sosialisasi pengawasan partisipatif disetiap kecamatan di Kabupaten Wakatobi. Sasarannya kepada PNS, tokoh masyarakat, tokoh pemuda, tokoh perempuan tokoh agama, tokoh pemuda, lembaga kepemudaan, dan pemilih pemula disetiap kecamatan,” tutup La Ode Muhammad Arifin.(*)

Pin It on Pinterest