PASARWAJO, BP – Dimalam pergantian tahun 2019 ke 2020 Bupati Buton Drs La Bakry MSi, membuat empat point resolusi untuk dikerjakan bersama dengan harapan Buton kedepan lebih baik lagi.

Dalam empat point resolusi 2020 itu, salah satunya La Bakry menginginkan pemuda di Kabupaten Buton menjadi panutan daerah lain, dengan memulai dari diri sendiri menciptakan kampung bebas Minuman Keras (Miras) dan Narkoba dilingkungannya masing-masing.

Namun, sebelum membacakan empat point resolusi 2020, lebih awal La Bakry menguraikan keberhasilan yang telah dicapai Pemkab Buton selama tahun 2019.

Tidak hanya itu saja, La Bakry juga memaparkan tantangan dan yang perlu dilakukan di tahun 2020.

“Ada Resolusi sebagai bahan renungan dan menjadi perbaikan kedepan ditahun depan,” katanya.

Berikut isi RESOLUSI 2020 yang dibacakan Bupati Buton La Bakry:

1. Jadikan Buton Sebagai daerah yang Damai, aman dan tentram dengan menjaga persatuan dan keamanan pada semua lapisan yang menjadi prasyarat bagi terlaksananya pembangunan.

2. Kepada jajaran pemerintah saya berharap bahwa semua refleksi akhir tahun ini sesungguhnya merupakan evaluasi kinerja pemerintahan selama kurun waktu satu tahun. Banyak hal dan program serta kebijakan yang diambil dan dilaksanakan, begitu pula masih ada beberapa sektor yang belum dicapai.

Oleh karenanya, jajaran pemerintah tidak boleh berpuas diri dengan hasil capaian itu, namun berupaya untuk meningkatkannya serta hasilnya dapat dirasakan oleh masyarakat. Karena Sejatinya pemerintahan itu ada pada masyarakat yang telah memberikan kedaulatannya, sehingga inti dari pemerintahan adalah pelayanan kepada masyarakat.

3. Mari kita semua saling bahu membahu melaksanakan pembangunan, karena kami sadar bahwa masih banyak kekurangan yang belum dicapai namun dengan dukungan semua pihak hal ini dapat dilaksanakan dan kearah yang lebih baik.

4. Bagi generasi muda memanfaatkan waktumu dengan kegiatan yang berguna hindari narkoba dan minuman-minuman keras karena sesungguhnya semua itu hanyalah kesenangan dunia yang dapat menjurumuskan kita ke lembah kehancuran.

“Generasi muda Kabupaten Buton harus dapat memberi contoh bagi generasi daerah lain. Ciptakan kampung-kampung bebas miras dan narkoba. Mulailah dari diri kita sendiri,” tutupnya.

Menutup sambutannya, Pasangan Iis Elianti ini membacakan sebuah pantun. “Melengkapi semuanya ada pantun yang bisa menjadi renungan Bersama:

Jalan-jalan ke Pasarwajo
Janganlah lupa ke puncak Takawa
Kalau anda ingin maju
Janganlah lupa kerja dan takwa

Angin bertiup di malam kelabu
Pakai selimut bergambar hati
Tahun lama boleh berlalu
Pengabdian pada daerah tetap abadi.

Menunggu hujan tiada teduh
Anak Petani bermandi ria
Selamat tahun baru 2020
Semoga selalu bisa bahagia,” ujarnya.

Peliput : Asmaddin

Pin It on Pinterest