Herie Saksono: Membangun Pariwisata, Inovasi yang Utama

Peliput: Gustam

BAUBAU, BP – Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) menyebut Kota Baubau kaya akan kultur (budaya-red). Pasalnya, budaya peninggalan Kesultanan Buton banyak terdapat di Kota Baubau.

Demikian diungkapkan Peneliti Madya Bidang Bisnis dan Manajemen Balitbang Kemendagri Dr Herie Saksono kepada segenap awak media seusai pelaksanaan workshop pengembangan pariwisata di Hotel Galaxi Inn Kota Baubau, Senin (11/12).

“Kota Baubau ini kulturnya yang luar biasa, ada Benteng Keraton Buton, masyarakatnya juga kaya akan budaya. Sangat disayangkan kalau ini tidak tereksplor. Tapi saya lihat Kota Baubau ini sedang konsen untuk meningkatkan pariwisatanya dan itu langkah menurut saya sangat tepat,” ungkapnya.

Untuk itu, lanjut Herie, perlu kolaborasi sejumlah stakeholder terkait seperti akademisi, kelompok usaha, komunitas kreatif, wirausaha, lembaga keuangan/perbankan, pemerintah, investor, market, pers dan publik/masyarakat, untuk meningkatkan pariwisata dan kultur Kota Baubau.

“Solusinya segera buat simpul inovasi keperiwisataan Kota Baubau, semua stekholder terkait harus kumpul, sehingga lahir terobosan peningkatan kepariwisataan. Karena ujung dari semua itu adalah publikasi, bagaimana kita mempublikasikan budaya dan pariwisata kita agar dikenal di daerah lain,” pungkasnya. (*)

Pin It on Pinterest