Peliput: Duriani

WAKATOBI, BP – Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD), organisasi kemasyarakatan, guru, kepala desa dan pelajar setingkat SMA se Kabupaten Wakatobi, Sulawesi Tenggara (Sultra) mengikuti edukasi dalam rangka meningkatkan literasi keuangan, Selasa (22/11/2016).
Kegiatan yang diikuti ratusan peserta itu dimotori Bank Sultra. Dengan menggandeng beberapa lembaga pengawas pemgelolaan keuangan seperti Otoritas Jasa Keuangan (OJK) wilayah indonesia timur, Polda Sultra, dan Perbarindo.
Nurhuma, humas Bank Sultra mengatakan kegiatan dimaksud adalah inisiatif OJK wilayh indonesia timur. Pihaknya sebatas memfasilitasi pihak OJK dengan pemerintah daerah. Untuk Kabupaten Wakatobi telah dilakukan dua kali dengan kegiatan serupa.
“Sebenarnya kegiatan ini adalah kegiatan OJKN kami hanya memfasilitasi dengan pemerintah daerah tempat pelaksanaan kegiatan. Di Sultra sudah hamper semua daerah kita lakukan, untuk Wakatobi sudah dua kali kami lakukan,” ucap Nurhuma, disela-sela kegiatan di Wangi-Wangi.
Menurut Humas Bank Sultra, edukasi dimaksud dalam kegiatan itu lebih kepada memberikan pemahaman kepada pihak-pihak tertentu yang berkaitan dengan pengelolaan keuangan untuk bisa mengerti prosedur sekaligus memberikan perlindungan.
“Fungsi OJK adalah menyelenggarakan sistim pengaturan dan pengawasan yang terintegrasi terhadap keseluruhan kegiatan dalam sector jasa keuangan. Inti dari edukasi ini yakni memberikan perlindungan kepada pihak investasi,” ucap Nurhuma.
Amatan Baubau Post, dalam kegiatan itu dihadiri perwakilan lembaga mitra Bank Sultra. Perwakilan lembaga-lembaga mitra Bank Sultra akan memberikan ilmu terkait dengan tupoksi lembaga dimaksud. Pasalnya. Diakhir kegiatan akan dilaksanakan diskusi dan tanya jawab antara pemateri dan peserta. (***)

Pin It on Pinterest