BAUBAU, BP – Pimpinan Badan Amil Zakat (Baznas) Kota Baubau menyambangi Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Baubau. Kunjungan itu dalam rangka konsultasi pembentukan Panitia Seleksi (Pansel) pengurus Baznas Kota Baubau periode mendatang.

Dirilis dari Kemenag Baubau, Kunjungan pimpinan Baznas ke Kantor Kemenag Baubau pada Rabu (11/03) oleh Ketua Sahirudin Udu, didampingi Sekretaris Muhadi Ilimi dan diterima Kepala Kemenag Kota Baubau H Rahman Ngkaali) di ruang kerjanya.

Rahman Ngkaali mengatakan pihaknya akan menugaskan tenaga teknis pada penyelenggara zakat dan wakaf untuk segera memfasilitas hal tersebut.

“Secara teknis pembentukan Pansel terutama urusan administrasi kami akan menugaskan tenaga teknis penyelenggara Zakat dan Wakaf Kantor Kemenag Baubau,” katanya usai pertemuan.

Lebih lanjut kata Rahmah, seleksi calon Pimpinan Baznas Kota Baubau masa bakti lima tahun mendatang dilaksanakan oleh Pansel. Sehingga dalam waktu dekat perlu pembentukan Pansel untuk melaksanakan semua tahapan seleksi administrasi, kompetensi, dan wawancara, sebagaimana Peraturan Badan Amil Zakat Nasional Republik Indonesia, No 1 Tahun 2019 tentang Tata Cara Pengangkatan dan Pemberhentian Pimpinan Baznas Provinsi dan Pimpinan Badan Amil Zakat Nasional Kabupaten/Kota.

Sementara itu, Sahirudin Udu menyebut, jika masa periode kepengurusan Baznas di bawah kepemimpinannya segera berakhir pada bulan Juni tahun ini. Untuk itu, pihaknya meminta kepada Kemenag Baubau untuk membentuk pansel pimpinan Baznas Baubau.

“Sesuai dengan amanah Ketua Baznas Pusat dan peraturan yang ada, bahwa untuk mengantisipasi kekosongan keanggotaan kepengurusan Baznas Daerah di Kota Baubau, Pemerintah Daerah dan Kementerian Agama perlu segera melakukan persiapan pembentukan Panitia Seleksi,” ujarnya. (**)

Peliput: Zaman Adha

Pin It on Pinterest