BAUBAU, BP- Dinas Koperasi dan UKM Kota Baubau imbau kepada para nelayan untuk membuat koperasi. Hal itu bertujuan untuk meringkankan beban para masyarakat berprofesi sebagai nelayan, dalam mencari dana untuk kebutuhan aktifitas melaut mereka.

Hal itu diungkapkan oleh Plt Dinas Koperasi dan UKM Kota Baubau Drs H Yakub. Para nelayan perlu diwadahi suatu koperasi, karena dengan adanya suatu koperasi dapat memudahkan dan agar para nelayan tidak ketergantungan kepada pihak-pihak lain yang dapat memberatkan para nelayan.

“Kita sudah mengimbau kepada teman-teman yang ada kelompok usahanya di bidang perikanan dan kelautan maupun di bidang-bidang lain yang memungkinkan untuk dibentuk suatu koperasi,” katanya kepada Baubau Post ditemui Senin (02/12).

Dikatakan, telah ada beberapa kelompok nelayan yang berinisiatif membangun koperasi. Pihaknya mengarahkan untuk mengambil formulir persyaratan pembuatan Koperasi di kantor Dinas Koperasi dan UKM Kota Baubau.

“Termasuk nelayan dari bone-bone sudah mau bentuk, saya bilang silahkan nanti penuhi saja persyaratanya dan yang pasti bahwa koperasi itu minimal mempunyai anggota 20 orang,” ungkapnya.

Lanjut, untuk pembuatan Koperasi nelayan, pihaknya akan membantu memfasilitasi pembuatan akta pendirian koperasi nelayan.

“Untuk bantuan yang pertama kita fasilitasi akta pendiriannya, mungkin kalau akta pendirian dia urus di notaris dia dibebankan biaya itu kita bisa fasilitasi,” jelasnya.

Ia berharap agar seluruh kelompok nelayan yang tersebar di Kota Baubau telah membuat Koperasi, sehingga mampu membantu anggota kelompoknya bergantung kepada pihak-pihak yang beban pinjamannya cukup memberatkan para nelayan.

“Iya sangat kita harapkan dan memang di wajibkan sebetulnya, karena melalui wadah koperasi ini bisa membantu para anggoatanya ketergantungan tadi, kepada pihak-pihak yang dapat merugikan mungkin dia mau melaut tiba-tiba butuh solar, butuh bahan makan, kalau dia pinjam ke pihak-pihak yang bebanya sangat berat,” pungasknya. (#)

Peliput: LM Syahrul

Pin It on Pinterest