Peliput: Alamsyah Pradipta

BAUBAU, BP – Pemerintah mulai menaikan biaya pengurusan surat kendaraan di Kota Baubau antara lain, pengurusan STNK, Plat nomor kendaraan dan BPKB. Berlaku baik untuk perpanjangan maupun buat baru.
Kaur Regident Iptu Syahrul mengatakan, kenaikan harga tersebut merupakan hasil keputusan pemerintah pusat. Sementara Pemerintah Kota Baubau hanya mengikuti keputusan yang telah ditetapkan.
“Ini arahan dari pusat, mereka juga sudah mensosialisasikan lewat media, kami ikut surat keputusan yang ada dipusat,” ungkapnya, Rabu (11/01).
Syahrul menjelaskan, kenaikan tersebut sudah berlangsung sejak tahun 2016. Kenaikannya cukup signifikan, hingga 30 persen.
“Kalau plat motor dari Rp 30 jadi Rp 50 ribu, kalau plat mobil dari Rp 75 naik menjadi Rp 100 ribu, ini berlaku tahun lalu,” tuturnya.
Sebelum menaikan harga tersebut pemerintah pusat sudah mensosialisasikan jauh hari. dan menetapkannya se Indonesia. Sejauh ini, belum ada keluhan dari masyarakat Kota Baubau.
“Untuk sosialisasi sendiri langsung di media nasional langsung dari Jakarta jadi ini serentak se Indonesia. Sampai saat ini, antusias masyarakat juga masih sama saja tidak ada perubahan,” tutupnya.(#)

Pin It on Pinterest