Peliout: Prasetio M — Editor: Ardi Toris

BAUBAU,BP- Sempat tutup sementara operasional penerbangan Lion Air Group kembali dibuka. Hari pertama pelayanan penerbangan penumpang yang tiba maupun berangkat menggunakan maskapai wings air mencapai 90 persen kapasitas penumpang yang disediakan.

Airport Manager Wings Air Baubau Komang Astawa saat ditemui Baubau Post di ruangan kerjanya, Rabu (10/06), membenarkan mulai hari ini Wings Air Baubau yang merupakan bagian dari Lion Air Group mulai membuka penerbangan Baubau-Makasar dan sebaliknya.

” Iyah hari ini kami mulai membuka kembali penerbangan dari Makasar-Baubau maupun dari Baubau-Makasar,” kata Komang Astawa.

Dikatakan, untuk aktifitas Lion Group khususnya Wings Air Baubau untuk hari pertama penerbangan berjalan normal dan tidak ada kendala, penumpang yang akan melakukan perjalanan menggunakan maskapai Wings Air sesuai dengan peraturan ketentuan perjalanan.

” Penerbangan Wingas Air di Baubau berjalan Normal dan tidak ada kendala baik dari aturan yang berlaku semua calon oenumpang mematuhi,” ujarnya.

Pihaknya kembali membuka penerbangan setelah keluarnya surat edaran Gugus Tugas Pusat nomor 7 tahun 2020 tentang kriteria persyaratan perjalanan orang. Sehingga penumpang yang akan melakukan berangkat harus memenuhi persyaratan surat edaran tersebut dan memiliki surat layak berangkat dari gugus tugas di daerah masing-masing.

Pihaknya saat ini baru membuka satu layanan penerbangan yakni Makasar-Baubau dan Baubau-Makasar. Untuk jumlah penumpang dari Baubau maupaun makasar cukup baik hingga mencapai 90 persen dari jumlah kursi yang disediakan.

“Dari Makasar-Baubau terbang dari Makasar 10.20 wita dan tiba di Baubau 11.25 wita dan Baubau-Makasar terbangnya 11.50 wita dan estimasi tibanya pukul 12.55 wita,” ungkapnya.

Pihaknya berharap agar para penumpang yang akan berangkat menggunakan maskapai Wings Air untuk tetap mematuhi aturan protokol kesehatan dan memenuhi persyaratan yang berlaku serta cermat terhadap masa berlaku dokumen kesehatan yang digunakan sebagai syarat melakukan perjalanan. Selain itu peranan pemerintah melalui gugus tugas masing-masing daerah dalam mendampingi calon penumpang yang akan berangkat menggunakan maskapai Wings Air.

” Harapan kami kepada pemerintah terkait penyiapan syarat-syarat yang telah ditentukan oleh pemerintah pusat, agar penumpang didampingi sehingga tidak ada kendala perihal syarat-syarat yang dimaksud. Apalagi beberapa persyaratan melalui tes memiliki batas waktu,” tutupnya.

Untuk diketahui, tipe maskapai Wings Air yang melayani rute Baubau-Makasar maupun sebaliknya yakni tipe ATR 72/500. (**)

Pin It on Pinterest