Peliput: Amirul — Editor: Ardi Toris

BATAUGA,BP-Bukit Lamando yang berada di Desa Sandang Pangan, Kecamatan Sampolawa, Kabupaten Buton Selatan masuk dalam nominasi Anugerah Pesona Indonesia Award 2020 ketegori Dataran Tinggi.

Bukit Lamando merupakan sebuah bukit dengan hamparan savana yang luas. Menyerupai bukit teletubies terdapat gundukan-gundukan kecil yang membentang luas. Dimusim kemarau bukit Lamando akan terlihat coklat keemasan dan disaat musim hujan berwarna hijau cerah.

Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Kabupaten Buton Selatan, La Ode Harwanto Foto Amirul-BaubauPost

Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Buton Selatan La Ode Harwanto mengatakan sebelumnya pihaknya telah mengirimkan sejumlah data profil dan diskripsi tentang destinasi bukit Lamando untuk dinilai tim API award sebagai tahap awal.

Saat ini, kata Harwanto, pihaknya telah menerima surat dari panitia penyelenggara Nomor AJJ/AD/019/VII/2020 tanggal 1 Juli 2020 tentang daftar nominasi API award 2020.

Dinominasi API award 2020 kategori Dataran Tinggi, Bukit Lamando Buton Selatan akan bersaing dengan 10 Kabupaten/kota lainnya di Indonesia untuk memperebutkan Kategori Dataran Tinggi Terbaik.

“Kami menyakini Bukit Lamando merupakan anugerah tuhan terbaik yang dimiliki Indonesia,” kata Harwanto saat ditemui belum lama ini

Bukit Lamando di Desa Rongi, Buton Selatan Foto IST

Bukit Lamando, memiliki keindahan alam, estetika, keaslian, keunikan yang luar biasa. Selain itu di masyarakat sekitar juga memiliki kearifan lokal yang menjunjung tinggi adat istiadat leluhur.

Menurut Harwanto, API award 2020 harus ditanggapi secara serius oleh Pemerintah daerah karena itu akan mempromosikan destinasi wisata Busel secara masif dan gratis. Untuk itu Dinas Pariwisata tidak dapat bekerja sendiri tanpa dukungan instansi terkait misalnya Dinas Pendidikan dan Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa.

“Kami sudah melaporkan kepada Bupati Busel dan Sekda agar supaya ASN Busel untuk mendukung termasuk dinas-dinas terkait misalnya pendidikan, Kepala BPM, karena sebenarnya ini merupakan promosi gratis, kita tahu bahwa anggaran tertinggi dinas pariwisata itu adalah promosi,” tuturnya

Ia mengatakan penentuan pemenang akan dilakukan dengan sistem pemungutan suara (voting), melalui promosi dan sosialisasi yang dilakukan masing-masing nominator lewat platform media sosial yang ditentukan.

Voting akan dimulai awal Agustus hingga akhir Desember 2020, sementara untuk promosi dan sosialisasi, harus dilakukan sejak bulan Juli

“Saat ini kita tengah mempersiapkan pembuatan video untuk promosi,”tukasnya.

Ditambahkannya, tahapan sosialisasi akan dilakukan, disebarkan agar masyarakat dapat mengetahui serta dapat berpartisipasi untuk mendukung Bukit Lamando dalam penganugerahan yang akan berlangsung pada Februari 2021.

“Kami akan membagikan, saya berharap masyarakat Buton Selatan dimanapun berada dapat mengetahui serta berpartisipasi penuh untuk mendukung Bukit Lamando mendapat katergori Daratan Tinggi Terbaik dan menjadi salah satu penerima API Award 2020,” tukasnya (*)

Pin It on Pinterest