Peliput: Hengki TA — Editor: Ardi Toris

LABUNGKARI, BP – Masyarakat Boneoge, Kecamatan Lakudo, yang mayoritas perantau sebagian besar tidak memiliki rumah. Oleh karena itu, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Buton Tengah (Buteng) berencana akan membangun pemukiman khsusnya untuk masyarakat Boneoge.

Hal tersebut berawal dari permintaan masyakat Boneoge, meminta petunjuk kepada Bupati Buteng, H Samahuddin saat kunjungan kerja di Kelurahan Boneoge beberapa waktu lalu.

“Yang penting ada lokasinya, kalau mau bangun desa saya ijinkan dan saya tidak akan persulit, utamanya untuk masyarakat Boneoge,” jani Bupati Buteng Samahuddin.

Sebelumnya masyarakat Boneoge menghibakan dua lokasi tanah kepada Pemkab Buteng, dengan masing-masing ukuran, 120×100 meter dan 300×100 meter, yang rencananya akan dibangunkan perkantoran.

Sedangkan untuk pembangunan pemukiman untuk masyarakat Boneoge, terdapat lokasi lainnya, dengan luas tanah diperkirakan dapat membangun rumah kurang lebih sebanyak 400 unit. Akan tetapi, orang nomor satu di Buteng itu terlebih dahulu akan berkoordinasi dengan Sekda dan Dinas terkait.

“Sebelumnya akan didata dulu masyarakat yang betul-betul tidak memiliki rumah. Bukan hanya semata-mata dibangunkan begitu saja,” tutupnya. (*)

Pin It on Pinterest