LABUNGKARI,BP – Sebanyak 203 pejabat eselon II, III dan IV lingkup Pemerintah Kabupaten Buton Tengah (Buteng), dilantik dan mengambil sumpah jabatan yang dipimpin oleh Bupati Buteng H Samahuddin SE, didampingi Wakilnya La Ntau, di halaman kantor Bupati, Jumat malam (17/01). Dari 203 pejabat yang dilantik, terdapat 14 pejabat eselon II, dimana sembilan pejabat dari hasil lelang, empat pejabat hasil rotasi, dan satu pejabat dikukuhkan dari hasil perubahan nomenklatur Organisasi Perangkat Daerah (OPD). Pelantikan tersebut, berdasarkan Surat Keputusan (SK) Bupati Buton Tengah Nomor 182 Tahun 2020.

Sebelumnya, terdapat sembilan jabatan yang dilelang, yaitu Inspektorat, Dinas Pariwisata, Satuan Polisi Pamong Praja dan Pemadam Kebakaran, Dinas Kesehatan, Dinas Perhubungan, Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD), Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah, Badan Pemberdayaan Masyarakat Desa (BPMD) dan Dinas Pertanian.

Untuk sembilan pejabat eselon II yang dilantik hasil lelang yaitu, La Ode Albakri dilantik sebagai Kepala Inspektorat, yang sebelumnya menjabat sebagai Inspektur Pembantu Wilayah II Inspektorat Buteng. Wujuddin dilantik sebagai Kepala Dinas Pariwisata, yang sebelumnya menjabat Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Buteng. Jamuri dilantik sebagai Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) dan Pemadam Kebakaran Buteng, yang sebelumnya menjabat sebagai Pelaksana Tugas (Plt).

Selanjutnya, Kasman dilantik sebagai Kepala Dinas Kesehatan Buteng, yang sebelumnya menjabat sebagai Plt. La Ode Darmawan Hibali dilantik sebagai Kepala Dinas Perhubungan, yang sebelumnya menjabat sebagai Plt. Hardyanti dilantik sebagai Kepala BPKAD, yang sebelumnya menjabat sebagai Plt.

Kemudian, Abidin dilantik sebagai Kepala Dinas Koperasi dan UKM Buteng, yang sebelumnya menjabat sebagai Plt. Armin dilantik sebagai BPMD, yang sebelumnya menjabat sebagai Plt. Dan, Razuddin dilantik sebagai Kepala Dinas Pertanian Buteng yang sebelumnya menhabat Camat Mawasangka Tengah.

Sedangkan, untuk empat pejabat hasil rotasi, dan satu pejabat dikukuhkan dari hasil perubahan nomenklatur OPD yaitu, Hasan Tali dilantik sebagai Kepala Dinas Pangan, yang sebelumnya menjabat Kepala Dinas Perpustakaan Kabupaten Buteng. La Ota dilantik sebagai Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol), yang sebelumnya menjabat sebagai Kepala Dinas Komunikasi, Informatika, statistik, dan Persandian.

H Kasim dilantik sebagai Kepala Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian, yang sebelumnya menjabat Kepala Kesbangpol Buteng. Siruddin dilantik Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Buteng, yang sebelumnya menjabat Kepala Dinas Ketahanan Pangan. Dan Ir Maiynu dikukuhkan sebagai Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (PUTR) Buteng. Sebelumnya menjabat Kepala Dinas Pekerjaan Umum, Perumahan Rakyat, dan Tata Ruang (PUPRTR) Buteng.

“Dari hasil seleksi tiga bulan lalu, yang bersifat terbuka, selektif dan transparan pada sembilan OPD itu, hasilnya telah dilantik malam ini. Ditambah, empat pejabat hasil rotasi, dan satu pejabat dikukuhkan dari hasil perubahan nomenklatur OPD,” ungkap Samahuddin, Bupati Buteng saat membawakan sambutannya.

Orang nomor satu di Buteng itu berharap, agar pejabat yang baru dilantik agar mempelajari perjanjian dalam naskah yang telah ditanda tangani, untuk di jadikan sebagai rujukan dalam bekerja. Sehingga, bisa bekerja dengan baik Buteng yang berkah

“Saya tidak minta apa-apa, hanya loyal kepada pimpinan, kerja sama yang baik dengan bawaan. Apabila ada bawaannya berbuat kesalahan, sebagainya dinasehati, bicara baik-baik, tapi kalau sudah tidak bisa diselesaikan maka langsung ditindaki,” tutupnya.

Peliput: Hengki TA

Pin It on Pinterest