WANGI-WANGI, BP- Terdapat perbedaan pandangan antara Bupati Wakatobi H Arhawi dan Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Jamrudin Ruda terkait asal data penerima manfaat Batuan Langsung Tunai (BLT).

Untuk diketahui, BLT merupakan bantuan sosial yang bersumber dari Kementrian Sosial (Kemensos) RI. Tercatat, jumlah penerima manfaat BLT di Wakatobi sebanyak 8.176 Kepala Keluarga (KK).

Bupati Wakatobi H Arhawi SE MM menjelaskan alur pembagian BLT dalam rangka penanganan dampak Covid-19 di Kabupaten/Kota se-Indonesia. Dikatakannya, Pemerintah Pusat meminta kepada masing-masing daerah agar melakukan pendataan kepada masyarakat yang terdampak Covid-19.

“ Pemerintah daerah Wakatobi saat itu mengusulkan sebanyak 8.176 KK. Nah itu sudah berulang saya sampaikan,” tegas Arhawi saat ditemui beberapa awak media di Ruangan Aula Kecamatan Wangi-Wangi, Jumat (08/05).

Lanjut Arhawi, dari 8.176 KK yang diusulkan ke Kemensos RI, rupanya hanya sebanyak 7.970 KK yang diakomodir sebagai penerima manfaat BLT berupa uang tunai sebesar Rp 600 ribu per KK dan dibagikan selama tiga bulan berturut, terhitung mulai April, Mei, dan Juni 2020. Diketahui, jumlah KK yang belum terakomodir sebanyak 206 KK.

“ Inilah yang harus kita sesuaikan dengan anggaran yang direlokasi di masing-masing desa ini. Mudah-mudahan mereka bisa terakomodir, sehingga semua mayarakat menerima bantuan yang memenuhi syarat menurut hasil identifikasi kita,” lanjutnya.

Perli diketahui pula, dalam jumpa persnya pekan lalu Arhawi sempat menjelaskan sebanyak 841 dari 8.176 KK penerima BLT Kemensos telah ditransfer melalui rekening masing-masing.

Sementara itu, Kepala Dinsos Jamrudin Ruda dengan tegasnya menyatakan bahwa Pemerintah Daerah (Pemda) Wakatobi diberikan kuota langsung dari Kemensos RI sebanyak 8.176 KK. Kata Jamrudin, bukan Pemda yang melakukan pengusulan kepada Kemensos.

” Mereka yang berikan kita kuota, Kementrian, dari Data Terpadu Kesejatraan Sosial (DTKS),” tegasnya beberapa waktu lalu saat dikonfirmasi media ini di ruangan komisi I DPRD Wakatobi.

Hal ini berdasarkan surat Kemensos nomor 1755/6/DI.01/04/2020 pada poin 4. Dimana, telah disebutkan bahwa alokasi pagu penerima Bansos tunai diwilayah Saudara (Wakatobi-Red) sebanyak 8.176 Keluarga.

Peliput: Zul Ps

Pin It on Pinterest