Peliput: Duriani

WAKATOBI, BP – Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Wakatobi, Muh Ilyas Abibu, mengungkapkan Program Inovasi Desa (PID) merupakan salah satu upaya pemerintah untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa melalui peningkatan kapasitas desa dalam perencanaan dan pelaksanaan pembangunan desa yang berkualitas.

Hal itu diungkapkannya saat membawakan sambutan pada kegiatan Bursa Inovasi Desa yang diselenggarakan akhir pecan lalu. Dengan dihadiri seluruh kepala desa dan anggota BPD se Kabupaten Wakatobi serta tim pelaksana inovasi desa disetiap kecamatan.

Menurut Muh Ilyas Abibu, PID yang diselenggarakan Kementerian Desa melalui Restrukturisasi Program pada prinsipnya mendukung capaian target RPJM 2015-2019. Dengan mendukung pembangunan desa secara lebih kreatif, sehingga dapat mendorong pengembangan ekonomi lokal dan pengembangan sumber daya manusia.

“Olehnya itu, kami atas nama Pemerintah Kabupaten Wakatobi dalam kesempatan ini perlu ditekankan bahwa jika PID ini benar-benar mampu kita dorong dalam rangka pengembangan ekonomi lokal dan pengembangan sumberdaya manusia diseluruh desa di Wakatobi, maka secara substansi visi Kabupaten Wakatobi bisa kita capai sesuai dengan harapan bersama,” ucap Sekda Wakatobi.

Lanjutnya, bursa inovasi desa merupakan sebuah forum penyebaran dan pertukaran inisiatif atau inovasi-inovasi masyarakat yang berkembang disetiap desa dan tentunya memiliki tujuan tertentu kaitannya dengan tujuan program.

“Tujuan bursa inovasi desa ini antara lain mendiseminasikan informasi pokok terkait PID secara umum serta program pengelolaan pengetahuan dan inovasi desa secara khusus. Menginformasikan rencana kegiatan, menginformasikan secara singkat pelaku-pelaku program ditingkat kabupaten, kecamatan dan desa. Memperkenalkan inisiatif atau inovasi mamsyarakat yang berkembang di desa dalam menyelesaikan masalah dan menjalankan kegiatan pembangunan. Serta menjaring komitmen pemerintah desa untuk mengadopsi atau mereplikasi inisiatif atau inovasi yang dipelajari dalam bursa,” terang Muh Ilyas Abibu.

Jumiadin Abas, Tenaga Ahli TTG Kabupaten Wakatobi menambahkan Bursa Inovasi Desa Kabupaten Wakatobi Tahun 2017 ini diselenggarakan di Kabupaten karena tahun ini disebutnya percepatan, dan pada tahun 2018 kegiatan Bursa Inovasi Desa akan diadakan dimasing-masing kecamatan oleh Tim Pelaksana Inovasi Desa (TPID) yang telah dibentuk oleh Tim Inovasi Kabupaten beberapa bulan yang lalu.

“Dalam Bursa Inovasi Desa, juga disediakan beberapa sajian menu dimana semua menu adalah hasil praktek cerdas yang sudah terbukti sukses terlaksana di desa baik di daerah Wakatobi maupun di daerah lain. Menu yang disajikan diantaranya terkait dengan Sumber Daya Manusia, Kewirausahaan dan Infrastruktur dengan harapan bahwa sajian menu dapat memberikan masukan bagi desa dan dapat menambah referensi bagi desa dalam hal pemanfaatan dana desanya agar lebih berkualitas,” pungkas Jumiadin Abas.(*)

Pin It on Pinterest