– Bentuk Dukungan Negara Dalam Bidang Olahraga

Peliput: Amirul

BATAUGA, BP – Kementrian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) RI menggelontorkan 200 buah bola kepada Pemerintah Kabupaten Buton Selatan dengan tujuan untuk memberikan dukungan serta menumbuh kembangkan bakat para atlit sepak bola di Buton Selatan.

Beberapa waktu lalu Buton Selatan kedatangan pemain Timnas dan dua petinggi Kemenpora, selaku Koordinator Pelatih Usia Dini Kemenpora, Noah Mariem Noa dan Anton Pribadi melakukan coaching clinic bagi atlit sepak bola Buton Selatan, serta mengukuhkan PPSI Buton Selatan.

Kata Sekretaris PSSI Buton Selatan Milki Setiawan SST, dari kedekatan tersebut, ia terus melakukan konsultasi seputar peningkatan sepak bola di daerah, hingga Buton Selatan keciprat 200 buah bola untuk para atlit muda sepak bola di Buton Selatan.

Bukan hanya itu, hasil konsultasi di Kemenpora baru-baru ini, mengenai persiapan dan percepatan Kabupaten Buton Selatan menuju kemajuan olarahraga Sulawesi Tenggara untuk Indonesia kata putra Ketua DPRD Buton Selatan ini, berhasil meyakinkan Kemenpora melalui Asisten Deputi Pengelolaan Pembinaan Sentra dan Sekolah Khusus Olarahraga Teguh Raharjo SPd MM dan Koordinator pelatih Usia Dini Noah Mariem, untuk membangun Pusat Pendidikan Latihan Olahraga dan Pelajar PPLP di Kabupaten Buton Selatan.

“Hasil konsultasi dari kita di Kemenpora, cuman Buton Selatan di Sulawesi Tenggara yang dibantu langsung 200 buah bola dan mendapat jatah untuk pembangunan PPLP di Buton Selatan,” ucap Milki via ponsel, Sabtu (4/1).

Lanjutnya, untuk persyaratan yang harus dipenuhi oleh Pemkab Buton Selatan dalam program Kemenpora tersebut bakal segera diberikan. Maka pihak Pemkab Busel harus menyiapkan semua persyaratan tersebut sehingga PPLP Buton Selatan bisa terbentuk.

“Terkait 200 bola itu memang programnya Kemenpora, kemarin di Lampung sudah dibagikan 400 bola. Jadi bola untuk Buton Selatan dikirim bersamaan dengan Poso dan Ternate. Sedangkan Pembangunan PPLP tergantung persiapan Pemkab Buton (Selatan) untuk diupayakan. Artinya Kemenpora sudah di Ok kan (setuju, red.) tinggal Pemkab (Busel),” jelasnya.

Ditambahkan, walaupun Buton Selatan baru berumur dua tahun sebagai Otonomi Daerah Baru (DOB), pembangunan di bidang olarahraga terus dikembangan. Karena potensi Sumber Daya Manusia (SDM) di Busel mempunyai andil dalam mengharumkan nama Buton Selatan.(*)

Pin It on Pinterest