BATAUGA,BP-Pelaksanaan tes seleksi Kompetensi Bidang (SKB) bagi Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) lingkup pemerintah Kabupaten Buton Selatan (Busel) ditunda, menyusul persebaran virus corona (covid-19).

Penundaan tes tersebut tertuang dalam surat Edaran Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan reformasi Birokrasi (Menpan-RB) Thahjo Kumolo, nomor 317 tertanggal 17 Maret 2020.

Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKSDM) Busel La Ode Firman Hamzah mengatakan, penundaan tersebut diputuskan dengan mempertimbangkan status tanggap darurat bencana nasional non alam akibat pandemi covid-19 yang telah ditetapkan oleh pemerintah.

Kata Firman Hamzah, pelaksanaan tes SKB berdasarkan jadwal, semestinya digelar 25 Maret 2020. Namun harus ditunda hingga waktu yang belum ditentukan.

“Ditunda sampai waktu yang belum ditentukan, sampai ada lagi kebijakan baru dari BKN Menpan-RB terkait penetapan jadwal kembali terkait pelaksanaan SKB ini,” kata Firman Hamzah, Selasa (17/03).

Akibat penundaan ini, kotrak kerjasama dengan pihak ketiga akhirnya juga harus dibatalkan. Khususnya terkait pemasangan jaringan komputer.

Namun semua itu dianggap tidak ada masalah. Sebab penundaan diluar kehendak para pihak ketiga dan tidak diperkirakan sebelumnya, sehingga kewajiban yang ditentukan dalam kontrak tidak dapat dipenuhi.

“tidak ada masalah. Sudah dikoordinasikan secara baik-baik,” tambahnya

La Ode Firman Hamzah meminta seluruh peserta tes CASN yang tengah menunggu pengumuman lulus ke ujian SKB agar tetap tenang dan bersabar.

Ia juga mengimbau, peserta agar tetap menjaga kesehatan serta memanfaatkan waktu untuk mengoptimalkan persiapan dalam menghadapi ujian SKB, sehingga lulus sebagaimana yang diharapkan.

Peliput : Amirul

Pin It on Pinterest