BAUBAU, BP- Kantor Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Kota Baubau gencar melakukan Komunikasi, Informasi, dan Edukasi (KIE) serta pemasangan poster pencegahan penyebaran Covid-19, termaksud Sampling dan Pengujian dalam rangka intensifikasi pangan selama Ramadhan.

Seiring dengan meningkatnya kasus Covid-19 di Indonesia, Kantor BPOM Kota Baubau melakukan KIE kepada masyarakat secara langsung. Diketahui, kegiatan ini telah dilaksanakan sejak 6 April 2020 hingga saat ini.

Berdasarkan laporan BPOM Baubau, Kamis (14/05), sejauh ini pihaknya telah melaksanakan empat kali KIE di lima lokasi yang berbeda dengan menggunakan mobil laboratorium keliling, diantaranya Pasar Wameo, Pasar Laelangi, Pasar Karyanugraha, Pasar Sorawolio, dan Stadion Betoambari.

Selain itu juga dilakukan pemasangan poster. Sebanyak 40 poster telah dipasang di lima lokasi tersebut, termaksud Hypermart, beberapa toko, dan apotek di Kota Baubau.

Pihak BPOM berharap dengan adanya pelaksanaan KIE dan pemasangan poster tersebut dapat meningkatkan kesadaran masyarakat sehingga mencegah penyebaran COVID-19 di Baubau. Salah satunya dengan membiasakan hidup bersih, sehat, selalu menggunakan masker ketika bepergian, dan mampu meningkatkan daya tahan tubuh melalui konsumsi pangan aman serta bergizi.

Perlu diketahui pula, selain KIE dan pemasangan poster, Kantor Badan POM Kota Baubau juga melakukan sampling jajanan takjil buka puasa dalam rangka intensifikasi pangan selama Ramadhan.

Selanjutnya, hasil sampling diuji kandungan bahan berbahayanya dengan menggunakan rapid test kit dengan empat parameter uji yaitu uji kandungan formalin, boraks, methanol yellow dan rhodamin B. Dari 118 sampel yang diuji, semuanya negatif. (*)

Peliput: Arianto W

Pin It on Pinterest