BAUBAU, BP- Belum lama membina biduk rumah tangga, AH alias AJ (18) kini harus berurusan dengan polisi. Bersama teman-temannya, pria yang beralamat di BTN Bukit Sari Kelurahan Kadolokatapi Kecamatan Wolio tersebut mencuri dua unit sepeda motor.

Sepeda motor yang berhasil mereka curi di dua lokasi berbeda itu bermerk Kawasaki Ninja dan Yamaha RX-King. Motor Kawasaki Ninja dicuri di kawasan tanggul Kelurahan Bataraguru, sementara motor RX-King dicuri di kawasan perumahan Kelurahan Bukit Wolio Indah Kecamatan Wolio.

Kapolres Baubau AKBP Rio Tangkari melalui Kasubag Humas Polres Baubau AKP Suleman menjelaskan, AH bersama teman-temannya melakukan tindakan pencurian di dua lokasi berbeda dengan tangan kosong.

Tiga hari sebelum TKP pertama motor Kawasaki Ninja dieksekusi, pelaku AH yang baru saja menikah itu bersama teman-temannya sekitar pukul 20.30 wita, berkunjung ke rumah salah seorang temannya tidak jauh dari TKP. Belum sampai di tempat tujuan, pelaku AH menyuruh temannya UJ membeli sebungkus mie instan di warung sekitar TKP.

Selepas dari warung, UJ sudah kembali dengan membawa kunci motor Kawasaki Ninja yang dicabutnya saat motor diparkir di luar pagar rumah korban. Sepulangnya dari rumah temannya, AH dan UJ mengecek motor yang kuncinya sudah dikantongi tadi, tapi malang motor itu sudah diparkir di teras rumah korban dan pagarnya terkunci.

Beberapa malam kemudian, AH datang kembali bersama UJ dengan membawa seorang lagi temannya TI untuk mengecek motor tersebut tapi masih saja pagar rumahnya terkunci.

“Barulah pada Minggu (19/01) malam para pelaku mendapati pagar rumah korban terbuka. Kesempatan itu diambil dan mereka berhasil menggasak motor Ninja tersebut,” beber Kasubag Humas saat rilis Senin (30/03).

Belum puas dengan hasil yang para pelaku dapatkan, beberapa hari kemudian, motor RX-King yang terparkir di depan salah satu perumahan di BWI didorong lalu dibawa kabur tanpa rasa takut, padahal saat itu disekitar TKP sedang ramai orang.

Stop kontaknya pun dipaksa masuk pakai kunci motor Kawasaki Ninja yang telah dicurinya tadi sampai bisa distater lalu dibawa kabur.

“Lokasi kedua dengan motor RX king, bermula saat mereka (pelaku AH dan UJ, serta temannya) mandi hujan di sekitar TKP. UJ melihat motor tersebut terparkir, kemudian melapor ke pelaku AH bahwa ada motor tapi ramai orang. AH lalu perintahkan UJ eksekusi saja,” tambahnya.

Sementara Kanit II Satreskrim Polres Baubau Ipda Helga Reza mengatakan, dua kejadian pencurian ini dengan dua Laporan Polisi (LP). Pelaku AH ditangkap terpisah dari hasil pengembangan dua pelaku lainnya (teman beraksinya -red) yang lebih dahulu ditangkap di Pelabuhan Murhum dan kini sudah mendekam di Lapas, sementara berkas LPnya sudah ditahap dua di Kejari Baubau.

Sebelumnya, AH sempat lolos dari pengejaran. Tapi berkat hasil pengembangan, akhirnya AH tidak berkutik ditangkap bersama dua barang bukti sepeda motor curiannya itu di Pelabuhan Feri Kelurahan Batulo saat pelaku AH hendak menyebrang pulau untuk mendistribusikan hasil curiannya.

“Pelaku AH ini kita tangkap di Pelabuhan Feri. Dia mau rencana menjual dua kendaraan yang dicurinya tadi ke Mawasangka Buton Tengah,” ungkapnya.

Helga berharap kepada pelaku agar pelaku sadar dan jangan mengulangi perbuatannya lagi karena akan merugikan diri sendiri.

“Kalau sudah keluar dari Lapas, jalani hidup baik baik jangan berbuat lagi hal demikian,” tutupnya.

Peliput: Asmaddin

Pin It on Pinterest