BATAUGA,BP-Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) Kabupaten Buton Selatan (Busel) bersama daerah lain telah melakukan pertemuan bersama Badan Urusan Logistik (Bulog) Baubau guna memastikan kesiapan logistik beras.

Sekretaris TPID Busel La Ode Mpute mengatakan, jatah persiapan stok beras untuk Kabupaten Buton Selatan yang disiapkan oleh Bulog sebanyak 100 ton. Jumlah persediaan stok beras sebesar itu dipastikan terpenuhi hingga akhir bulan suci ramadan.

“Sudah ada pertemuan TPID terkait sejumlah kesiapan Bulog, untuk Buton, Buton Selatan termasuk Baubau. Bulog sudah menyiapkan stok sekitar 500 ton. Untuk Busel sendiri dipersiapkan jatah hingga 100 ton. Dan angka itu dipastikan bisa terpenuhi hingga selesai Ramadan,” katanya saat belum lama ini

Kata La Ode Mpute, pihaknya saat ini terus melakukan pemantauan harga sembilan bahan pokok (Sembako) dibeberapa pasar rakyat. Dan memang harga sembako di pasar mulai ada peningkatan, salah satunya harga beras 50 kilogram yang sebelumnya hanya sekitar Rp 400 ribu kini harga naik mencapai Rp 600 ribu.

“Seperti di pasar Kadatua, saat ini harga beras 50 kilogram diperdagangkan mencapai 600 ribu dan bahkan sudah terjadi di pusat Ibukota,” ungkapnya.

Dampak kenaikan harga beras dan juga sembako lainnya dipasaran, terjadi akibat kepanikan masyarakat akan wabah Covid-19 yang kini sudah merambah sampai ke Sulawesi Tenggara (Sultra).

Lanjutnya, untuk penangani persoalan tersebut TPID Busel berkerjasama dengan Bulog akan melakukan operasi pasar dan membuka pasar murah jelang Ramadan

“Seperti agenda setiap tahunnya akan digelar pasar murah jelang ramadan, ucapnya .

Sejauh ini pantauan TPID, belum ada indikasi adanya oknum yang menimbun stok beras karena sejumlah kios ataupun pengencer tetap melakukan aktifitas perdagangan. Namun La Ode Mpute menegaskan jika ada oknum melakukan penimbunan sembako dengan kondisi saat ini, maka pihaknya tidak segan-segan akan melakukan penindakan.

“Kita akan tindak bersama aparat kepolisian serta Bulog jika ditemukan ada oknum yang melakukan penimbunan sembako dalam kondisi saat ini,” tukasnya

Peliput : Amirul

Pin It on Pinterest