Kepala Dinas Pariwisata Buteng, Wujuddin

LABUNGKARI, BP – Untuk mengembangkan dan mempromosi destinasi wisata di Kabupaten Buton Tengah (Buteng), Dinas Pariwisata akan menggunakan sistim digital berbasis internet mulai tahun ini. Sistem literasi digital dipilih karena aksesnya lebih meluas.

Kepala Dinas Pariwisata Buteng, Wujuddin saat dikonfirmasi beberapa awak diruangannya kemarin mengatakan, melalui Website dan media sosial (Medsos) bisa melihat semua obyek, destinasi wisata yang ada di Buteng, karena di Website dan Medsos itu semua destinasi dan obyek wisata ditampilkan.

“Paling tidak, untuk semua destinasi wisata kita baik yang dikelola pemerintah daerah maupun melalui dana desa, kita akan dokumentasikan melalui gambar dan video, kemudian dimasukkan di website Pariwisata,” jelasnya.

Lanjutnya, destinasi unggulan Buteng saat ini adalah Pantai Mutiara yang berada di Kecamatan Mawasangka. Dalam bidang promosi terdapat tugas profesi, jadi pihaknya menggunakan metode promosi dengan menggunakan digital, dengan melakukan sosialisasi melalui website dan medsos.

“Ada juga yang sudah menawarkan untuk membuat profil pariwisata Buteng menggunakan rumah produksi, namun itu memiliki biaya yang tinggi, sehingga kami memanfaatkan dulu tenaga yang ada,” tuturnya.

Selain itu, dari beberapa destinasi wisata yang ada di Buteng seperti Pantai Mutiara, Pantai Katembe, Pantai Bungi, dan ada juga wisata Goa. Maka dari itu, promosinya harus yang menjual, sebab pembangunan pariwisata sesungguhnya untuk kesejahteraan masyarakat.

Dimana, dari destinasi wisata yanga ada hanya bisa menarik retribusi tapi tidak ada kontribusi terhadap kesejahteraan masyarakat, sehingga selain promosi pihaknya juga akan bina masyarakat, untuk mengambil manfaat dari pariwisata itu

“Jadi kita akan tata kembali para penjual yang ada di Pantai Mutiara, karena produk perputaran ekonomi sudah ada di situ, dimana penjua-penjual di situ suda mendapatkan juga penghasilan,” tutupnya.

Peliput: Hengki TA

Pin It on Pinterest