Peliput: Zaman Adha

BAUBAU, BP – Seiring dengan berubahnya gaya hidup masyarakat Kota Baubau ke arah yang lebih moderen, berimbas pada makin banyaknya penderita penyakit kronis. Bahkan hal ini tidak disadari oleh penderitanya, sebelum ada pemeriksaan secara medis.
Untuk itu, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes), dr Edy Natsir MKes mengajak masyarakat untuk memanfaatkan fasilitas kesehatan (Faskes) yang ada sebagai tempat berkonsultasi, meski masih merasa sehat. Hal ini sekaligus untuk merubah mindset masyarakat selama ini, jika fasilitas kesehatan hanya digunakan bagi orang yang sakit saja.
“Kalau kita kebetulan sedang lewat di depan rumah sakit, Puskesmas, atau Puskesmas pembantu, tidak ada salahnya untuk singgah memeriksakan kesehatan, atau meminta saran dokter, mungkin ada keluhan gejala penyakit yang kita rasakan. Jadi jangan lagi ada anggapan, tidak pernah singgah di fasilitas kesehatan karena tidak sakit,” paparnya.
Edy juga menjelaskan, perlunya memeriksakan kesehatan sedini mungkin, untuk menghindari adanya penyakit kronis dalam tubuh, yang tidak disadari sudah beralih ke stadium lebih lanjut. Dengan memeriksakan sedini mungkin, dapat menghindarkan penderita penyakit kronis dari kesakitan yang lebih parah lagi.
“Kebanyakan setelah diperiksa ternyata sudah darah tinggi atau diabetes, bukan itu yang kita harapkan. Sebaiknya mumpung masih dalam keadaan mampu menjalankan aktivitas dengan normal, kebetulan lewat di sarana kesehatan, maka singgah saja. Itu namanya konsultasi, atau dalam rangka penyuluhan perorangan,” jelasnya.
Edy berharap, dengan langkah ini masyarakat semakin tahu dan semakin bertambah pengetahuannya tentang kesehatan. Sehingga dapat merubah perilakunya ke arah yang lebih sehat. (**)

Pin It on Pinterest