LABUNGKARI, BP – Dinas Kesehatan Kabupaten Buton Tengah (Buteng) terus menerus melakukan upaya preventif untuk mencegah masyarakat setempat tertular virus corona, dengan melakukan promosi pencegahan dan upaya agar masyakat Buteng tidak terjangkit.

Kepala Dinas Kesehatan Buteng, Kasman saat dikonfirmasi beberapa awak media kemarin mengatakan, hal yang bisa dilakukan oleh instansi kesehatan di tingkat kabupaten setempat terkait kasus itu, dengan melakukan pendekatan preventif dan promosi kesehatan kepada masyarakat.

“Melalui puskesmas juga melakukan sosialisasi tentang cara mencegah penularan virus corona kepada masyarakat. Apabila ada masyarakat yang dicurigai terserang virus itu, langsung dikoordinasikan penanganannya,” jelasnya.

Untuk langka promotif yang dilakukan Dinas Kesehatan Buteng melalui promosi itu salah satunya, apa bila bepergian harus menggunakan masker, hindari tempat-tempat keramain, dan sering sering cuci tangan.

“Kalau ada yg menderita pilek atau bantuk agar dijauhi, minimal jarak dua meter, atau sebaiknya kita kasi masker, agar tidak dapat menular ke orang lain,” pungkasnya.

Lanjutnya, untuk seluruh Puskesmas di Kabupaten Buteng, bisa dapat mengetahui apabila ada gejala-gejala virus tersebut. Akan tetapi, Puskesmas hanya bisa sebatas merujuk, yang sebagaimana pokok protatapnya apabila ada penderita menular seperti itu. “Kita hanya sebatas merujuk, untuk ruang isolasi itu hanya di rumah sakit,” tuturnya.

Selain itu, masyarakat saat ini telah beramai-ramai mencari masker, namun untuk ketersediaan masker di setiap Puskesmas, kebutuhannya sangat mencukupi, sebab pihaknya telah menyiapkan dari jauh hari sebelumnya.

“Kalau mencari masker yang kurang itu mencari diluar, namun untuk kebutuhan pelayanan sangat mencukupi. Kita sudah siapkan dari awal tahun,” tutupnya.

Peliput: Hengki TA

Pin It on Pinterest