Peliput: Gustam Editor: Zaman Adha

BAUBAU, BP – Untuk mengurangi kemiskinan di Kota Baubau, Dinas Sosial (Dinsos) Kota Baubau tengah berupaya mendapatkan kucuran dana dari pemerintah pusat, untuk program Simpanan Keluarga Sejahtera (SKS).
Kepala Dinas Sosial Kota Baubau Drs H La Ode Zulkifli saat ditemui di ruangannya, Kamis (19/01) mengatakan, pihaknya berharap agar Kementerian Sosial dapat merespon dengan cepat. Karena saat ini kemiskinan menjadi masalah yang cukup menjadi perhatian.
“Mudah-mudahan pada tahun ini pemerintah pusat masih mengucurkan juga program SKS di Kota Baubau,” kata La Ode Zulkifli.
Realisasi program SKS kata Zulkifli, biasanya beriringan dengan kenaikan harga BBM, sebab merupakan bagian dari kompensasi BBM. Apalagi tahun ini tarif dasar listrik dan pajak kendaraan mengalami kenaikan.
“Program itu merupakan kompensasi dari kenaikan harga BBM bagi orang miskin, jadi masyarakat tidak terlalu merasakan dampak kenaikan BBM. Mudah-mudahan saja ada program SKS tahun ini,” harapnya.
Sementara itu lanjut Zulkifli, tahun 2016 Kota Baubau tidak mendapatkan program SKS, karena bersifat sementara. Hal ini disesuaikan dengan kondisi negara, jika mengalami banyak bencana, maka program ini ditiadakan.
“Karena sifatnya sementara, maka tergantung lagi dari keadaan negara kita, kalau misalnya banyak bencana yang tentu akan banyak anggaran juga yang digunakan. Maka program SKS bisa saja dihilangkan,” pungkasnya. (#)

Pin It on Pinterest