BAUBAU, BP- Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kota Baubau harap seluruh sekolah khususnya di jenjang pendidikan SMP, rutin melakukan sosialisasi penguatan pendidikan karakter kepada siswa. Hal itu untuk meminimalisir kecenderungan siswa melakukan aktifitas negatif.

Diketahui, sebanyak enam orang pelajar asal SMP Negeri di Kota Baubau terciduk saat kedapatan melakukan aktifitas menghirup Lem di belakang gedung STAI Baubau, Kamis (28/11) oleh Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP).

Menanggapi hal itu, Sekretaris Disdikbud Kota Baubau Kasman SPd MPd mengatakan bahwa pihaknya sering kali mengimbau sekolah-sekolah agar senantiasa memberikan sosialisasi pembentukan karakter kepada siswa di sekolah.

Kendati demikian, Kasman memaklumi jika sosialisasi pembentukan karakter tidak selalu membuahkan hasil yang baik, teruntuk beberapa orang pelajar. Pasalnya ia menyadari bahwa tidak mudah mengatur siswa dengan jumlah yang banyak.

” Mereka harus selalu mengingatkan kepada siswanya agar jangan melakukan hal-hal yang negatif seperti menghisap lem sebab dampaknya tidak baik untuk anak-anak,” jelasnya.

Untuk itu, ia mengimbau seluruh guru agar tidak mudah putus asa dan selalu bersemangat serta bersinergi dalam memberikan pembinaan positif kepada siswa selaku generasi penerus bangsa yang memiliki masa depan.

” Sering kali kami kami sampaikan ke sekolah-sekolah tapi yang namanya kita mengatur orang banyak yah ada-ada saja yang diperbuat oleh siswa. Namun, kita jangan patah semangat dan selalu mengingatkan siswanya akan hal-hal yang tidak baik untuk dilakukan,” tutupnya. (*)

Peliput: Arianto W

Pin It on Pinterest