Peliput: Zaman Adha — Editor: Ardi Toris

BAUBAU, BP – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Baubau akan melakukan pelayanan jemput bola untuk warga lanjut usia (lansia). Untuk itu lurah diminta untuk mendata warganya yang belum memiliki KTP dan sudah lansia.

Kepala Disdukcapil Kota Baubau, Arif Basari mengatakan pelayanan jemput bola dilakukan dengan mempertimbangkan para lansia yang sudah tidak mampu datang langsung ke Kantor Disdukcapil untuk melakukan perekaman KTP-el.

“Diimbau kepada lurah untuk mendata warga yang belum memiliki KTP atau belum melakukan perekaman, dalam status lansia dan tidak memungkinkan untuk ke Disdukcapil. Kami akan respon cepat,” pintanya.

Kata dia, sudah ada beberapa kelurahan yang merespon, kemudian pihaknya langsung melakukan perekaman di tempat, dengan tetap memperhatikan protokol Covid-19. Saat ini pihaknya masih fokus perekaman jemput bola di Kecamatan Batupoaro dan kecamatan lainnya menyusul.

“Kita pakai masker wajah, sarung tangan, kemarin sudah ada empat orang ditambah dua orang lagi,” ujarnya.

Pihaknya menargetkan tahun ini sebanyak 104 ribu penduduk Kota Baubau sudah memiliki KTP-el. Namun setiap tahunnya akan ada penduduk yang berusia 17 tahun, tentunya harus sudah memiliki KTP-el.

“Tinggal sekitar 2 ribu lebih yang belum memiliki KTP , itu yang kita kejar,” tandasnya.

Selain itu, pihaknya juga meminta masyarakat yang masih memegang surat keterangan (Suket) pengganti sementara KTP sejak tahun 2019, untuk datang mengambil KTP-el nya di Kantor Disdukcapil Baubau.

“Maret sudah tidak bisa lagi keluarkan suket, jadi suket yang dikeluarkan tahun 2019 sudah dicetakkan KTP. Sehingga bagi masyarakat yang masih memegang suket untuk datang mengambil KTPnya di Disdukcapil,” pungkasnya. (**)

Pin It on Pinterest