LABUNGKARI, BP – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Buton Tengah (Buteng) menargetkan bakal mencetak sebanyak 10 ribu lembar Kartu Identitas Anak (KIA) di tahun 2020.

Kepala Disdukcapil Buteng Syamsuddin M saat dikonfirmasi beberapa awak media kemarin mengatakan, saat ini pihaknya memiliki 10 ribu blanko KIA, sehingga akan di tuntaskan pada tahun ini. ” Yang akan kita tuntaskan sebanyak 10 ribu, dari 43 ribu anak-anak di Buteng yang menjadi target kita,” jelasnya.

Lanjutnya, pihak dinas akan turun ke lapangan setelah selesai musrembang. Dimana, kecamatan yang pertama yang akan dikunjungi yaitu Kecamatan Mawasangka karena memiliki wajib KIA yang begitu banyak.

Kemudian, untuk di Kecamatan GU kurang lebih seribu anak telah di cetakan KIA, pada saat Hari Ulang Tahun (HUT) Buteng kemarin yang dilaksanakan di Lombe. ” Di Kecamatan GU sudah ada seribu yang dicetakan, sedangkan di Mawasangka baru 77 anak yang dicetakkan,” tuturnya.

Untuk pengurusan KIA, persyaraatannya hampir sama dengan pembuatan KTP, hanya saja harus memiliki akta kelahiran. Namun apabila belum ada akta kelahiran, bisa dilakukan pengurusan secara bersama-sama.

” Umur di atas lima tahun KIA-nya memiliki foto, untuk dibawa lima tahun tidak diwajibkan bisa menggunakan foto, bisa juga tidak,” tutupnya.

Peliput: Hengki TA

Pin It on Pinterest