BAUBAU, BP – Semua siswa kelas III SMAN/sederajat di Baubau tidak lagi repot urus Kartu Tanda Penduduk (KTP) nya. Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) memudahkan dengan mengirim langsung petugasnya melakukan perekaman di sekolah secara gratis.

Kepala Disdukcapil Kota Baubau Arif Basari di ruang kerjanya mengatakan
Sejak 10 Februari lalu. Ada sekitar 13 sekolah negeri yang telah disambangi petugas Capil. Sehingga sampai dengan kemarin (Senin, red), datanya sudah ada 299 orang sudah melakukan perekaman.

“Kita merekam siswa berumur 17 tahun satu hari, di sekolahnya masing-masing,”katanya.

Kata dia, siswa tadi yang sudah melakukan perekaman hanya tinggal duduk melakukan aktifitas belajar di sekolahnya, sembari menunggu KTPnya selesai dicetak.

“Siswa tersebut tidak perlu lagi melengkapi syarat atau pun melakukan apa-apa lagi. Kita siapkan dengan gratis. Kalau sudah dicetak tinggal mereka ambil di gurunya masing-masing,” papar Arif.

Kemudian lanjutnya, pihaknya melakukan hal itu tidak lain demi memudahkan masyarakat khususnya para siswa/i tidak perlu menggangu waktu belajarnya datang di capil mengurus KTP.

“Pokoknya kita sekarang hadir dengan permudah masyarakat,” ungkapnya.

Selama ada petugasnya di lapangan dan persediaan kelengkapan perekaman memadai dan masih memungkinkan, masyarakat luar yang ingin melakukan perekaman juga diperbolehkan.

Karena saat ini, pihaknya masih memiliki persediaan blanko e-KTP yang cukup memadai.

“Januari kita dapat 2.000 keping dan Februari 3.000 keping,” tutupnya. (*)

Peliput: Asmaddin

Pin It on Pinterest