30 Persen Warga Muna Belum Miliki KTP

Peliput: Iman Supa

RAHA, BP – Menurut data yang dimiliki Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Muna 30 persen masyarakat Muna belum memiliki KTP. Untuk itu, dalam pemilu 2019 mendatang masih menggunakan Surat Keterangan (Suket) dalam menyalurkan surat suara.

Kadis Dukcapil, Abdul Munir saat ditemui diruangannya, Kamis (7/12) mengatakan penduduk yang melakukan perekaman KTP di tahun 2017 berkisar tujuh ribu Penduduk dan 30 Persen warga Kabupaten Muna belum memiliki KTP. Sementara untuk menghadapi pilkada 2018 ia meyakini masih menggunakan Suket hingga 2019.

“Suket itu tidak di karang-karang di Dukcapil sebab ini secara nasional, ini sudah online namun mengenai kejelasan itu menunggu arahan pak dirjen,” katanya.

Munir menambahkan, saat merekam data tidak langsung terkirim ke pusat. Untuk itu pihaknya harus menunggu hingga mendapatkan jawaban agar dapat dilakukan pencetakan. Walaupun setiap rapat koordinasi disampaikan dalam menghadapi Pilcaleg Maupun Pilpres tidak ada lagi suket, namun hambatan dalam menunggu jawaban dalam pencetakan masuh menjadi kendala.

“Kalau sudah ada tampil jawaban dari pusat, maka tidak ada alasan untuk dilakukan pencetakan. Suket yang dikeluarkan sama dengan aslinya, karena ada fotonya yang membedakan hanya kartunya, Kalau sudah terdaftar di pusat secara otomatis sudah terdaftar data kependudukannya,” tandasnya. (*)

Pin It on Pinterest