Genjot PAD

Peliput: Gustam

BAUBAU, BP – Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Baubau tengah menggenjot Pendapatan Asli Daerah (PAD) tahun depan. Dari sektor perparkiran Dishub Baubau akan menggandeng sejumlah pengelola parkir yang tersebar di sejumlah lokasi di Kota Baubau.

Dengan sistem ini, Plt Kepala Dishub Kota Baubau Dr Wahyu MSc PH optimis target PAD 2019 akan tercapai dengan nominal retribusi yang diatur dalam Perda No 2 tahun 2018. Perda baru tersebut mematok retribusi parkir kendaraan roda dua sebesar Rp 2 ribu dan mobil Rp 3 ribu.

“Januari sampai Desember 2019 saya optimis, bahkan menurut taksiran saya dua kali dari yang sekarang (2018-red),” kata Wahyu beberapa waktu lalu.

Merebaknya parkiran liar di Kota Baubau merupakan permasalahan yang dihadapi pemerintah saat ini. Dishub membuat perjanjian kerja sama dengan beberapa pengelola parkir untuk meredam masalah tersebut.

“Misalnya tukang parkir merobek karcis parkirannya, mengambil uangnya kemudian merapihkan motor yang parkir. Petugas kami memastikan apa karicisnya disobek atau tidak,” ungkapnya.

Pihaknya telah mulai menghubungi sejumlah pelaku parkir di Kota Baubau untuk membahas bersama tentang kesepakatan kerja sama tersebut. Pelaku parkir di tepi jalan dapat terkena sanksi jika memungut retribusi secara liar. (*)

Pin It on Pinterest