– Djudul: Kalau Walikota Yang Perintahkan, Saya Tinggal Laksanakan

Laporan: Ardi Toris

BAUBAU, BP– Walikota Baubau Dr HAS Tamrin menyahuti permintaan petugas kebersihan atau biasa yang disebut dengan pasukan kuning-hijau yang meminta gaji mereka dinaikkan demi peningkatan kesejahteraan. Permintaan itu disampaikan langsung perwakilan pasukan kuning ketika terjadi dialog terbuka pada acara tatap muka di TPA Wakonti, Selasa (10/01).

Tidak hanya gaji, para pasukan kunbing juga meminta agar tunjangan kesehatan atau BPJS mereka juga diperhatikan sehingga kesehatan mereka juga terjamin. “Tadi Pak walikota sudah mengatakan bahwa partisipasi kami dalam membersihkan kota ini sudah baik, maka sudah sepantasnya pula kami meminta gaji kami disesuikan dengan UMP dan tunjangan kesehatan kami dijamin,” kata salah satu pasukan kuning.

Dr H AS Tamrin merespon positif permintaan pahlawan adipura itu dan langsung meminta kepada Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Sekda Kota Baubau Drs Muh Djudul untuk memporsikan anggaran guna kenaikan gaji mereka. Merski begitu, Dr H AS Tamrin mengatakan pihaknya tetap akan memperhatikan permintaan para petugas kebersihan namun dia meminta agar semua berpikir positif bahwa kenaikan gaji itu akan disesuikan dengan kemampuan daerah.

“Maksud saya datang ke sini adalah untuk mendapatkan masukan dan usul-saran dari bapak-ibu sekalian termasuk masukan agar para pertugas kebersihan ini bisa mendapatkan tambahan kenaikan gaji. Namuin saya ingatkan bahwa itu harus tetap berpatokan pada hal-hal yang rasional dan realisityis. Karena itu, saya minta Pak Sekda bisa merinci ini termasuk BPJS. Ini tetap akan menjadi perhatian kita,”terang Dr HAS Tamrin

Tanpa berbasa-basi, Sekda Kota Baubau Drs Muh Djudul yang ikut mendampingi Walikota Baubau langsung memberikan jawaban kepastian, “Bila Walikota Baubau yang perintahkan saya maka saya tinggal melaksanakan saja. Insya Allah tahun 2017 ini akan ada kenaikan gaji, minimal itu masuk dianggaran perubahan. Ini bukan saya yang tentukan ya, tapi Pak walikota yang restui kenaikan gaji kalian,” ucap Drs Muh Djudul, disambut dengan teriakan ‘lanjutkan’ oleh ratusan pasukan kuning yang hadir. (***)

Pin It on Pinterest