Peliput : Prasetio M

Editor: Hasrin Ilmi

BAUBAU, BP – Enam Bakal Pasangan Calon (Bapaslon) Walikota dan Wakil Walikota Baubau dinyatakan lulus tes kesehatan setelah KPU Baubau resmi menerima surat rekomedasi dari tim dokter. Tes kesehatan ini dilakukan sebagai persyaratan calon pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Baubau.
Demikian diungkapkan
Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Baubau Dian Anggaraini usai melaksanakan Pleno Terbuka penyampaian berita acara penelitian persyaratan administraai dokumen persyaratan pencalonan dan persyaratan calon pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Baubau tahun 2018 di Kantor KPU Baubau rabu malam (17/01).

Dikatakan, setelah rangkaian proses ferivikasi dukungan syarat calon maupun pemeriksaaan kesehatan oleh sejumlah tim pemeriksa kesehatan, menyatakan enam Bapaslon yang melakukan pemeriksaan kesehatan dinyatakan lulus. Pemeriksaan kesehatan sendiri terdiri dari pemeriksaan kesehatan jasmani dan rohani, pemeriksaan Narkotika dan pemeriksaan psikologi.

“Dari seluruh calon Walikota maupun calon Walikota yang telah memeriksakan dirinya, oleh tim kesehatan meyatakan memenuhi syarat kesehatan,”katanya.

Untuk itu, tahapan selanjutnya kata Dian, dilanjutkan ke tahapan perbaikan persyaratan dukungan Calon Walikota dan Wakil Walikota, sejak tanggal 18 – 20 januari 2018. Untuk Pasangan calon perseorangan tetap harus mengajukan tambahan jumlah dukungan kekurangannya, sebanyak kekurangan dikali dua jumlah kekurangannya.

“Setelah penyetoran perbaikan, kami akan melakukan pemeriksaan terhadap berkas tersebut dan tidak ada lagi tahapan perbaikan,”ujarnya.

Lanjut kata dian, sebagian besar berkas syarat pencalonan Walikota dan Wakil Walikota dilakukan perbaikan kembali. Untuk penetapan calon Walikota Baubau akan dilaksasanakan pada tanggal 12 Febuari 2018.

Untuk di ketahui Enam Pasangan Calon Walikota dan Wakil Walikota yang dimyatakan lulus tes kesehatan yakni, AS Tamrin – Monianse (Tampil Manis), Roslina – Yasin (RossY), H Yusran – Ahmad (HYF-Ahmad), Maasra Manarfa – Ikhsasn Ismail (Mama Ikhlas), Ibrahim – Ilyas (IBM-Ilyas)dan Nursalam – Nurmandani (Kaisar).(*)

Pin It on Pinterest