Peliput: Zul Ps –Editor Ardi Toris

WANGI-WANGI,BP – Tim Gugus Penanggulangan Covid-19 Kabupaten Wakatobi resmi mengumumkan sebanyak enam orang masyarakatnya yang terpapar virus corona yang berasal dari Wuhan ini, Rabu (13/05)

Juru Bicara (Jubir) Tim Gugus Penanggulangan Covid-19 Wakatobi Muliadin mengatakan dengan adanya warga yang telah terkonfirmasi positif corona maka pihaknya akan melakukan rapat secepatnya.

“Tentunya enam orang ini tetap kita akan bahas dalam gugus untuk penanganan selanjutnya. Yang enam hasil Sweb positif ini adalah OTG artinya orang yang tanpa gejala, hanya yang jelas dilakukan isolasi untuk mencegah penularan di masyarakat sekitarnya.” ungkapnya, Rabu (13/05)

Selain itu, pihaknya juga tengah melakukan komunikasi dengan tim gugus tugas yang berada di Provinsi Sulawesi Tenggara(Sultra) dan tim gugus yang berada di Kota Baubau, sebagaimana tim gugus tersebut memiliki rumah sakit rujukan untuk penanganan Covid-19.

Sementara itu, untuk diketahui masyarakat Wakatobi yang resmi terpapar tersebut merupakan warga kepulauan Binongko. Sebanyak 2 orang di kecamatan Binongko dan 4 orang berada di kecamatan Tomia.

“Keseluruhan yang masih di Binongko mereka ini diisolasi di tempat khusus yang disiapkan oleh pemerintah. Jadi bukan diisolasi di rumahnya sejak pengambilan skrining dengan rapid test dan hasilnya reaktif dan langsung diisolas. Tentunya akan ada tindakan atau penanganan medis secara khusus terutama yang positif hasil swebnya.” tuturnya.

Sementara itu saat dikonfirmasi dengan adanya kasus positif Covid-19 yang berada di Kepulauan Binongko, akankah dilakukan langkah lockdown oleh pemerintah daerah sebagai langkah pemutusan Penyebaran Covid-19? Jubir mengatakan nanti akan dibahas lebih lanjut oleh tim gugus langkah secepatnya yang harus dilakukan untuk penanganan lebih lanjut terhadap yang terpapar positif.

Terkait, apakah masyarakat yang terpapar positif Covid-19 ini juga akan menggunakan ruang isolasi yang berada di rumah sakit umum daerah Kabupaten Wakatobi, namun pihaknya mengatakan bahwa langkah tersebut masih akan dirapatkan oleh tim gugus kabupaten.

” Itu nanti akan dibahas dalam rapat gugus mungkin besok atau sebentar malam,” katanya.

Pihaknya juga menghimbau kepada masyarakat agar tetap mengikuti instruksi dan himbauan pemerintah daerah maupun pusat dalam melakukan social distance, Psikal distance serta tetap budayakan hidup bersih.

” Selalu menjaga kesehatan dengan mengkonsumsi makanan dengan gizi yang seimbang terutama buah-buahan yang banyak mengandung vitamin c kemudian selalu melakukan olahraga minimal 30 menit setiap hari kemudian,” tandasnya.(**)

Pin It on Pinterest