• Kepala Desa: Saya Pastikan Sebelum Lebaran Sudah Dapat Ditinggali

WANGI-WANGI, BP – Angin kencang memporak-porandakan enam rumah milik warga Desa Longa Kecamatan Wangi-wangi Kabupaten Wakatobi pada Senin malam (18/05).

Menanggapi hal itu, Kepala Desa Longa La Ode Maskur Sip memastikan, keenam rumah warganya tersebut segera diperbaiki dan bakal rampung sebelum Lebaran Idul Fitri. Hal ini diupayakan agar warganya bisa merayakan momentum lebaran bersama keluarga.

“Saya pastikan tiga rumah selesai dalam waktu 12 jam. Sementara satu rumah parah milik Wa Ojo sebelum lebaran itu sudah selesai dan sudah dapat ditinggali. Di samping itu juga kami dari pihak Pemerintah Desa (Pemdes) akan memberikan sumbangan. Saya secara pribadi akan memberikan sembako,” tegasnya.

Tak hanya itu, terkait dengan musibah ini, pihaknya juga bakal melakukan koordinasi dengan Pemerintah Daerah (Pemda) melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Wakatobi sehingga diharapkan agar bantuan yang diberikan nantinya tidak saling tumpang tindih. Sembari menunggu, pihak lain yang akan memberikan donasi.

Maskur menjelaskan rincian/tingkat kerusakan keenam rumah yakni Wa Ojo rusak parah sekitar 60 lembar atap seng, kemudian yang rusak sedang sebanyak tiga rumah dengan total kerusakan 32 lembar atap seng dan 12 lembar asbes. Kemudian ditambah dua rumah yang mengalami rusak sedang, sehingga total keseluruhan sebanyak enam rumah.

“ Saya sudah gerakan berapa kelompok masyarakat dan para tukang secara swadaya untuk bergotong royong menangani dan itu sudah dikerjakan, yang masih bisa dipakai digunakan dulu, begitu juga kayu-kayu yang dianggap tidak layak maka diganti,” tambahnya.

Lanjutnya, mengenai kronologi kejadiannya diperkirakan pada pukul satu malam, atap rumah warganya diterpa angin kencang, bahkan ada terlempar hingga sejauh 20 meter. Tak hanya itu, ada juga beberapa lembar atap yang sampai menutupi akses jalan raya Ir Soekarno.

“ Kondisi orangnya saat ini untuk yang membawa ojo suaminya lagi di laut sudah dua hari dua malam dan alhamdulillah tidak ada luka-luka keluarga sekarang dalam kondisi sehat. Sekarang mereka mengungsi di kompleks sekitaran rumahnya, itu karena mereka adalah keluarga besar, kemudian ia memiliki tiga orang anak,” tandasnya.

Dikonfirmasi terpisah, Kepala BPBD Wakatobi Yusuf saat dikonfrimasi awak media ini melalui Via Wahtsapp menagatakan, hingga kini pihaknya tengah melakukan pendataan, pasalnya kejadian ini bukan hanya terjadi di wilayah Kecamatan Wangi-wangi, namun juga terjadi di Kecamatan Wangi-wangi Selatan (Wangsel).

“ Desa Longa 5 buah rumah, Wandoka 1 buah rumah, Desa Somb 1 buah rumah, Keluarahan Madati 3 buah rumah, Patuno 2 total 11 rumah buah rumah, Mandati I 3 buah rumah, itu sementara, ” ujarnya.

Kemudian, untuk program bantuan bagi para korban yang mengalami musibah ini oleh BPBD Wakatobi masih dalam tahap identifikasi guna menentukan besaran bantuan stimulan.

Peliput: Zul Ps

Pin It on Pinterest