– Sultan Buton ke 40 dr LM Izat Manarfa Juga Ikut Hadir

Laporan: Ardi Toris

MASOHI, BP– Wali Kota Baubau, Dr AS Tamrin beserta perwakilan SKPD Kota Baubau mendapat sambutan meriah warga Buton yang berdomisili di Kota Masohi, Minggu, (04/12). Dr AS Tamrin mengenakan pakaian has Buton berwarna biru juga mengenakan kampurui.,

Kehadiran Walikota dan para SKPD di Masohi disamping melakukan kunjungan kerja juga sekaligus menghadiri pelantikan dan pengukuhan pengurus Kerukunan Keluarga Sulawesi Tenggara (KKST) Kabupaten Maluku Tengah periode 2016 -2021.
Rombongan Pemkot Baubau disambut langsung Plt Bupati Maluku Tengah Saleh Thio, dimana dalam sambutannya Saleh mernyambut baik kunjungan Wali Kota Baubau dan rombongan ke Kota Masohi. Selain itu, kata Saleh Thio, untuk melantik pengurus Maluku Tengah, tentunya, Wali Kota Baubau serta rombongan juga ingin bersilaturahmi dengan masyarakat Sulawesi Tenggara di Kota Masohi

Sementara itu, Wali Kota Baubau, menyampaikan kebanggannya mendapat undangan pada acara pengukuhan KKST di Kota Masohi, Maluku Tengah. Tak hanya memenuhi pelantikan, kehadirannya di Kota Masohi juga untuk menambah kedekatannya dengan masyarakat Buton yang ada di perantauan khususnya di Pulau Seram, Maluku Tengah.

Pelantikan pengurus KKST Kabupaten maluku Tengah Periode 2016-2021 sesuai dengan agenda dilakukan pada Seninj (05/12). Acara tersebut diawali dengan atraksi seni dan lagu-lagu Buton, parade budaya dari perwakilan daerah perantau serta tarian adat penyambutan ‘honolulu’ dan ‘cakalele’ sebagai tarian adat pemersatu budaya kekeluargaan masyarakat pribumi dengan masyarakat Buton (rumpun Sulawesi Tenggara) di perantauan.

Sebelum dilakukan pelantikan juga dilakukan ritual doa-doa keselamatan guna terciptasnya situasi Kantibmas yang aman, kondusif, dan meningkatkan kesejahteraan bagi warga Sultra diperantauan.

Acara pelantikan pengurus KKST juga dihadiri Plt Bupati Maluku Tengah Muh Saleh Thio SH MSI, Ketua DPRD Maluku Tengah Tuasikal Abua SH, Forkopinda Maluku Tengah, Sulta Buton ke 40 dr H La Ode Muh Izat Manarfa. Untuk dioketahui Ketua KKST Maluku Tengah yang dilantik yasitu Ira Wadi. Juga hadir para tokoh adat, tokoh pemuda, dan tokoh masyarakat Buton-Muna-Wakatobi-Kendari-Kolaka, Para latu pasti (raja-raja-maluku tengah Provinsi Maluku- red)

Kegiatan pelantikan dan pengukuhan pengurus KKST Maluku Tengah di Kota Masohi yang dihadiri Walikota Baubau Dr H AS Tamrin berakhir pukul 13.30 WITA dan diakhiri dengan doa-doa yang dipimp;in langsung Imam Masjid Al Muhajirin Lasane Kota Masohi Drs Syamsuddin. (***)

===============
Keterangan Foto:
Wali Kota Baubau, beserta rombongan disambut oleh Raja Negeri Amahai dan tarian cakalele, serta diarak dengan musik totobuang menuju Pandopo Bupati Maluku Tengah.

Pin It on Pinterest