WANGI-WANGI, BP- Beberapa harga pokok pangan di Kabupaten Wakatobi mengalami kenaikan hingga mencapai 20 persen. Hal itu diduga merupakan imbas dari kenaikan harga yang terjadi di beberapa wilayah distributor yakni Kota Kendari dan Baubau.

Saat ditemui di ruangan kerjanya, Kabid Distribusi dan Cadangan Pangan, Dinas Ketahanan Pangan Wakatobi Mawahit SPd mengungkapkan, jenis komuditas pangan yang mengalami kenaikan harga sebesar 20 persen yakni Beras dan Gula.

” Beras dan gula dia naik sekitar 20 persen, gula itu dari harga Rp 12 Ribu naik sampai Rp 15 ribu per kilonya. Kalau beras dari Rp 11 Ribu naik ke Rp 12 ribu perkilo,” tutur Mawahit, Rabu (11/03).

Mawahit menambahkan, untuk stok beras pada Bulog hingga kini masih tersedia sebanyak 250 Ton, sedangkan gula diprediksi masih tetap mencukupi hingga Ramadan tiba.

Selain itu, untuk komoditas jenis lainnya hingga kini belum terlihat mengalami kenaikan ataupun penurunan harga.

” Ada pengaruhnya ke situ kita rencana ini untuk laporannya kita menghadapi bulan puasa. Kemungkinan, rencana untuk laporan kami menghadapi bulan puasa kami akan turun lapangan sehingga Wakatobi II, pantau harga di sana menjelang bulan Ramadhan ini,” tutupnya.

Peliput: Zul PS

Pin It on Pinterest