WAKATOBI, BP – Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kabupaten Wakatobi secara simbolis menyerahkan 3284 sertifikat Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) tahun 2019 kepada lima orang masyarakat desa penerima sertifikat, di momentum peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Wakatobi ke-16.

Saat dikonfirmasi awak media terkait penyerahan keseluruhan sertifikat PTSL ke 3284 masyarakat desa se-Kabupaten Wakatobi, Kepala BPN Wakatobi Kusniyati SSiT MMPub mengungkapkan, pihaknya bakal melakukan koordinasi terlebih dahulu ke masing-masing pihak desa yang bersangkutan, agar dimintai kesiapannya.

” Tadi secara simbolis cuman lima penerima sertifikat. Untuk Wakatobi semua sudah tuntas tinggal dibagikan ke masyarakat desa masing-masing. Nanti kami akan koordinasi dengan desa-desa kapan warganya siap dikumpulkan dan kami akan membagikan secara langsung,” ungkapnya.

Selain itu, kata Kusniyati, di tahun 2020 mendatang Wakatobi mendapatkan jatah program PTSL sebanyak 1742 tanah yang bakal disertifikatkan. Untuk diketahui, bantuan PTSL tahun 2020 akan terfokuskan di Pulau Tomia.

” Untuk PTSL ini bukan hanya yang belum bersertifikat namun yang sudah bersertifikat juga kami akan falidasi. Kami mengharapkan partisipasi masyarakat agar pro aktif, terutama aparat desa,” harapnya.

Pihaknya juga mengapresiasi pelaksanaan HUT ke-16 yang dilaksanakan Pemerintah Daerah (Pemda) Wakatobi. Menurutnya, acara yang disuguhkan Pemda sangatlah meriah dan masyarakat dapat menikmati hidangan makanan yang disajikan bersama-sama.

Peliput: Zul Ps

Pin It on Pinterest