Peliput: Gustam

PASARWAJO, BP- Enam orang tahanan Polsek Wolowa Dirapid Test oleh tim medis Puskesmas Wolowa. Hal itu untuk memastikan penyebaran covid-19 di dalam rumah tahanan (rutan).

Kegiatan Rapid Test tersebut dipimpin langsung Kepala Puskesmas Wolowa Zainudin La Nipo SKM, didampingi Kapolsek Wolowa Polres Buton Ipda Muh Rusdi, beserta anggotanya, pada rabu kemarin (27/08).

Proses Rapid Tast Tahanan Polsek Wolowa

Hasilnya, keenam tahanan tersebut dinyatakan non-reaktif. Menurut Kapolsek Wolowa Ipda Muh Rusdi, Rapid Test dilakukan sebagai screening awal untuk mengetahui apakah seseorang terpapar covid-19 atau tudak. Karena jika diketahui sejak dini, akan lebih mudah untuk melakukan mencegahan penyebarannya.

Hal yang sama juga diutarakan Kepala Puskesmas Wolowa Zainudin La Nipo. Ia menjelaskan, dengan dilakukannya Rapid Test tersebut, seseorang dapat diidentifikasi apakah terpapar virus atau tidak.

Jika hasilnya reaktif, lanjut Zainudin, maka yang bersangkutan akan dikarantina di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kabupaten Buton, dan dilanjutkan dengan pemeriksaan Swab tenggorokan untuk memastikan apakah yang bersangkutan positif covid-19 atau tidak.

“Namun, alhamdulillah, dari ke-6 orang yang telah kami lakukan Rapid Test ini, hasilnya negatif (non reaktif) semua,” ujar Zainudin. (*)

Pin It on Pinterest