Peliput: Zaman Adha — Editor: Ardi Toris

BAUBAU, BP – Indikator Kinerja Pelaksanaan Anggaran (IKPA) Polres Baubau raih peringat I di Sulawesi Tenggara (Sultra). Penilaian ini dilakukan oleh Kanwil Ditjen Perbendaharaan Sultra.

Untuk itu Polres Baubau diganjar penghargaan Kinerja Pelaksanaan Anggaran Semester II tahun 2019. Penghargaan diserahkan melalui Walikota Baubau Dr HAS Tamrin kepada Kapolres Baubau AKBP Rio Tangkari di Rujab Walikota, Selasa (07/07).

Walikota AS Tamrin saat menyerahkan penghargaan KPPN Baubau kepada Kapolres AKBP Rio Tangkari Foto Zaman Adha–BaubauPost

Kepala Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Baubau Nazuar mengatakan penghargaan diberikan berdasarkan 12 indikator penilaian selama satu tahun. Polres Baubau memperoleh nilai tertinggi dari seluruh Satuan Kerja (Satker) di Sultra.

“Penghargaan yang diraih Polres Baubau di luar ekspektasi kami, karena saingannya sekitar 500 Satker,” katanya.

Penilaian kinerja selama satu tahun anggaran mulai dari proses perencanaan, pelaksanaan hingga pertanggungjawabannya. Pelaksanaan anggaran harus dilakukan secara cepat agar tidak terjadi kesenjangan pertumbuhan pendapatan.

“Artinya tepat ke sasaran sesuai program dalam DIPA,” ujar Nazuar.

Dalam proses pengelolaan anggaran kata dia, harus transparan dan akuntabel.

Kapolres Baubau AKBP Rio Tangkari menilai penghargaan ini merupakan hasil kerjasama yang baik dengan internalnya, KPPN dan Pemkot Baubau. Dalam hal ini, Polres Baubau menjadi salah satu pengguna anggaran dalam pagu besar.

“Ini merupakan prestasi, bahwa Polres Baubau di tahun 2019 dinilai menjadi satker terbaik di seluruh jajaran Sultra,” ungkapnya.

Prestasi ini kata dia, akan menjadi tanggungjawab untuk dipertahankan dan meningkatkan lagi kinerjanya dalam mengelola anggaran negara. (**)

Pin It on Pinterest