Peliput: Amirul

 

BATAUGA – Irwanto (16) warga Bahari II dan Denis (16) warga Desa Bahari I Kecamatan Sampolawa, Kabupaten Buton, direkrut untuk seleksi menjadi calon pemain sepak bola dalam Tim Nasional (Timnas) Indonesia.

Kedua pemain Busel yang berbakat dalam bidang olahraga sepak bola tersebut direkrut atas rekomendasi Kementerian Pendidikan dan Olahraga (Kemepora) RI, melalui kedatangan pelatih usia dini umur 6-13 tahun Noa Mariem dan Anton Pribadi beberapa waktu dalam agenda mengukuhkan PSSI Busel dan melakukan clothing clinic di Lapangan Karada Batauga.

Renacananya, kedua atlet ini akan di berangkatkan pada Senin 30 Januari 2017 (hari ini, red.), untuk mengikuti selesksi perekrutan pemain Timnas Indonesia yang ditemani oleh Sekretaris Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) Melki Setiawan.

Kemudian, keduanya juga akan ditemani orangtua masing-masing. Dan Irwanto akan ditempatkan pada posisi striker, sedangkan Denis pada posisi gelandang penyerang dalam pelatihan PPLP nanti. Keduanya juga sempat memenuhi panggilan Pj Bupati Busel Ilah Ladamay di Rujab Bupati Busel pada Minggu (29/1).

Dalam pertemuan itu, Ilah Ladamay menekankan kepada kedua atlet muda tersebut untuk selalu menanamkan sikap disiplin serta patuh terhadapt perintah pelatih saat menjalani proses seleksi.
Disampaikannya kepada kedua atlet itu, agar rasa rindu kepada orang tua masing-masing sebaiknya dikesampingkan dan lebih konsentrasi pada proses seleksi. Kata dia, mayoritas orang Buton adalah perantau, sehingga jiwa kemandirian itu sudah terbentuk sejak dulu.

“Tidak usah dulu rindu sama orang tua, karena seperti itulah hidup. Saya tamat SMA dulu lansung berangkat ke Makassar. Disana kita cuci baju sendiri, makan harus cari sendiri. Tapi harus seperti itu kalau mau baik, jangan cengeng karena kita orang Buton ini perantau,” jelas Ilah.

Pj Bupati Busel yang juga Karo Pembangunan Provinsi Sultra ini berharap, agar kedua atlet muda tersebut bisa lebih baik dari seluruh peserta yang akan terlibat dalam tahapan seleksi, untuk bergabung dalam Timnas Indonesia kedepan.

“Saya berharap kedua altlit kita ini bisa lolos dalam seleksi PPLP, sehingga kedepan dari kedua altlit ini tidak menutup kemungkinan akan ada atlit-atlit baru yang akan mengikut jejak mereka. Saya titip kepada mereka agar lebih menampilkan semangat yang baik saat bertanding nanti, karena nama baik daerah ini (Busel) ada dipundak keduanya,” harapnya.

Salah satu atlet Irwanto (16) mengaku merasa bangga dengan prestasi yang ia meiliki saat ini, pasalnya dari sekian banyak peserta yang ikut dalam seleksi, dirinya menjadi salah satu orang yang lolos dalam perekrutan tingkat nasional.

Anak dari pasangan La Barumbi (41) dan Sahida (41) ini juga berharap bisa lolos dalam seleksi Timnas, agar dapat bermain mewakili Indonesia pada ajang Internasional.

“Saya berharap bisa lolos dalam seleksi itu agar bisa wakili indonesia,” harap Irwanto yang juga pelajar di SMAN 4 Baubau itu.

Senada dengan Denis (16), remaja yang berposisi sebagai striker atau penyerang depan ini sangat berterimakasih kepada orang tuanya yang selama ini memberi dukungan dan suport hingga ia bisa terpilih sebagai salah satu calon pemain Timnas Indonesia.

Siswa MTSN 1 Busel ini mengaku senang dan tidak menyangka bisa ikut dalam seleksi Timnas Indonesia.

“Saya akan berlatih dan lebih kerja keras lagi agar cita-cita saya dapat terwujud,” akunya.

Sekretaris PSSI Busel Melki Setiawan mengatakan, sebelumnya memang dilakukan seleksi untuk merekrut para bibit muda yang tersebar di Indonesia khusunya dalam bidang olahraga sepak bola, untuk dijadikan sebagai pemain Tim Nasional Indonesia.

Dijelaskan kata Melki, apa bila keduanya lolos dalam seleksi yang diadakan oleh Kemenpora, maka Irwanto dan Denis akan terdaftar sebagai siswa Pusat Pendidikan Pelatihan Pelajar (PPLP). Selain itu, segala kebutuhan mereka akan ditanggung oleh pemerintah pusat.

Sesuai dengan jadwal yang telah dintukan, keduanya akan bertolak dari Busel menuju kota Bogor pada Senin (30/1). Keduanya akan menjalani proses seleksi pada Selasa (31/2) mendatang di Lapangan Pakan Sari Bogor.(*)

Pin It on Pinterest