KENDARI – Menindaklajuti arahan Gubernur Sulawesi Tenggara (Sultra), Ali Mazi menyambut Hari Pers Nasional (HPN) 2020 di Banjarmasin, Kalimantan Selatan (Kalsel), pengurus Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Sultra, menggelar rapat pemantapan di Sekretariat PWI Sultra, Sabtu malam (18/01). Hal itu di ungkaapkan oleh PWI Sultra melalui rilisnya.

Rapat pemantapan dipimpin oleh Ketua PWI Sultra, Sarjono mengungkapkan, HPN 2020 yang puncaknya akan digelar pada 09 Februari nanti, sangat spesial bagi Sultra. Pasalnya Pemprov Sultra akan menerima penghargaan Indeks Kemerdekaan Pers (IKP) 2019, dan menerima SK HPN 2021.

“Di HPN 2020, Sultra punya panggung sendiri. Gubernur Sultra bersama Forkompinda bersiap menerima penghargaan Indeks Kemerdekaan Pers (IKP) 2019 dan menerima Surat Keputusan HPN 2021 dari Ketua PWI Pusat, Atal S. Depari,” kata Sarjono yang didampingi Sekretaris PWI Sultra, Mahdar.

Dikatakan, selain pemberian dua penghargaan, Wali Kota Baubau, AS Tamrin juga diagendakan tampil membedah buku di rangkaian HPN 2020.

“Kehadiran kita (PWI Sultra) di HPN 2020 sangat penting, karena akan jadi ajang studi banding guna persiapan tuan rumah HPN 2021 mendatang,” ungkapnya.

Sebelumnya, usai mendengarkan pemaparan pengurus PWI Sultra terkait persiapan HPN 2020 dan rencana HPN 2021, Gubernur Sultra, Ali Mazi mengatakan, ditetapkannya Sultra sebagai tuan rumah penyelenggaraan HPN 2021 merupakan bentuk dukungan lembaga non pemerintah dalam memajukan daerah.

“Seperti begini yang saya tunggu-tunggu. Lembaga apapun dan dari manapun saya senang menerima selama untuk berinovasi dan membangun Sultra. Jangan biarkan kami pemerintah dan DPRD saja yang selalu pikirkan bagaimana memajukan Sultra,” beber Ali Mazi.

Sebagai wujud dukungan atas penyelenggaraan HPN 2020 di Banjarmasin dan Sultra tuan rumah HPN 2021 mendatang, Ali Mazi talidakk hanya akan menyumbangkan pemikiran saja. Namun, dukungan anggaran bakal pula disediakan.

“Segera buat perencanaan kegiatan HPN yang terinci,” pinta Ali Mazi yang langsung disahuti sejumlah Kadis yang turut hadir dalam pertemuan tersebut.

Peliput: Prasetio M

Pin It on Pinterest