• Sasaran 160 KK Tidak Mampu, Bantuan Berupa Ayam Satu Ekor, Beras 5 Kg Satu Karung, dan Masker

Peliput: Asmaddin —Editor: Ardi Toris

BAUBAU, BP – Posko Bersama Relawan Covid-19 Baubau yang melibatkan Polres Baubau, TNI Kodim 1413 Buton, Metro Entertaint, HMI, LMND dan organisasi wartawan PWI dan AJI di Baubau mulai menyalurkan bantuan kepada masyarakat yang membutuhkan, Kamis (23/04).

Sebanyak 160 keluarga mendapat bantuan untuk bisa menikmati kebahagiaan memasuki bulan suci Ramadan di tengah pandemi Covid-19.

Kapolres Baubau AKBP Rio Tangkari menyalurkan bantuan kepada masyarakat Baubau yang kurang mampu dalam menyambut bulan Ramdan. Foto Asmadin/Baubau Post

160 keluarga ini tersebar merata di delapan kecamatan yang ada di Kota Baubau. Masing-masing kecamatan mendapat porsi 20 paket bantuan sembako berupa satu karung beras, masker, dan satu ekor ayam.

Sebelum paket bantuan disalurkan, penerima bantuan terlebih dulu didata oleh Bhabinkamtibmas dan Babinsa masing-masing wilayah. Olehnya, penerima bantuan ini benar-benar adalah keluarga yang paling membutuhkan uluran tangan di awal menyambut Ramadan ini.

Kroscek data dipimpin langsung Kapolres Baubau AKBP Rio Tangkari bersama Dandim 1413 Buton Letkol Inf Arif Kurniawan, Ketua Posko Bersama Relawan Covid-19 Baubau Toni Liem Putra serta anggota posko dari sejumlah Organisasi Kemasyarakat Pemuda (OKP) dan organisai kewartawanan (PWI dan AJI).

Bersama Dandim 1413/Buton Letkol Inf Arif Kurniawan, menyalurkan bantuan kepada masyarakat Baubau yang kurang mampu dalam menyambut bulan Ramdan. Foto Asmadin/Baubau Post

Kapolres Rio Tangkari sangat bersyukur dan berterima kasih kepada semua pihak yang telah berdonasi. Kata dia, posko ini sebagai perwujudan gerakan kemanusiaan.

“Sejak posko ini dibentuk, banyak elemen yang tergerak melakukan langkah kemanusiaan untuk mencegah dampak buruk dari Covid-19. Alhamdulillah, hari ini sudah dapat kita salurkan,” katanya.

AKBP Rio Tangkari sangat berharap bantuan ini dapat meringankan keluarga yang terkena dampak wabah. Apalagi, menyambut bulan suci ramadan.

Dandim 1413 Buton Letkol Inf Arif Kurniawan berharap niat tulus yang direncanakan bersama bisa berjalan dengan baik. Utamanya membantu sesama yang terdampak Covid-19.

“Semoga bantuan ini bermanfaat. Paling tidak bisa meringankan beban hidup saudara. Semoga wabah ini cepat berakhir,” katanya.

Ketua Posko Bersama Relawan Covid-19 Baubau Toni Liem Putra menambahkan, bantuan yang disalurkan posko relawan merupakan tahap pertama. Bantuan akan terus disalurkan kedepan untuk membantu masyarakat yang terdampak.

Owner Metro Entertaint ini menjelaskan, bantuan tahap pertama ini sebanyak 160 keluarga. Pendataan penerima bantuan bekerjasama dengan Bhabinkamtibmas dan Babinsa masing-masing wilayah di Kota Baubau.

“Bantuan ini sengaja disalurkan kepada masyarakat dalam rangka menyambut awal ramadan. Apalagi di tengah pandemi, banyak masyarakat yang kurang beruntung tidak bisa memperoleh seekor ayam di hari pertama puasa,” jelas Toni

Saat ini, lanjutnya, banyak elemen yang sudah berdonasi. Mulai dari instansi, organisasi hingga pribadi masyarakat.

“Semoga apa yang diberikan posko relawan ini bisa bermanfaat bagi masyarakat Kota Baubau. Bagi yang ingin berdonasi kita masih terus membuka. Donasi bisa diantar langsung ke Metro Entertaint ataupun dijemput anggota posko di tempatnya masing-masing,” tukas Toni.

Sementara penerima bantuan, Wa Eta, nenek berumur 80 tahun yang selalu memakai tongkat saat beraktifitas karena strok yang diderita itu mengucap syukur dan sangat berterimakasih sekali atas budi baik yang sudah dilakukan.

“Terimakasih sekali atas bantuan yang diberikan, saya bersyukur diawal ramadan bisa menikmati bantuannya. Apalagi karena corona ini suami (bapak) sangat jarang mendapat kerja sebagai tukang kayu,” ucap anaknya Wa Ame mengartikan kosa kata bahasa panca yang digunakan ibunya itu saat ditanya media ini.

Sekedar informasi, penerima mendapat bantuan seekor ayam hidup, sekarung beras dan tiga buah masker kain. Semua itu berasal dari bantuan relawan.(**)

Pin It on Pinterest