• Jadi Destinasi Wisata Baru Warga Puma

Pulau Makasar (Puma) pulau yang memiliki sejuta potensi wisata kini mulai dilirik Pemerintah Kota Baubau. Pulau yang terletak di teluk Baubau memiliki sejumlah pantai indah yang selalu menjadi harapan wisatawan untuk duduk nyaman menikmatinya.

Puma yang masuk di wilayah Kecamatan Kokalukuna ini bisa diakses dengan dua jalur. Jika ingin menikmati keindahan teluk Baubau maka menggunakan perahu tempel (katinting-red) lebih efektif. Namun, kalu ingin melewati jalur darat maka harus menempuhnya dengan jembatan penghubung antara Puma-Lowu-lowu.

Pulau yang dikelilingi pasir putih yang cantik ini menawarkan pemandangan yang sangat indah. Keramahan masyarakat lokal masih sangat kental dibuktikan dengan sambutan hangat kepada setiap pengunjung pulau yang dulu dikenal dengan mutiaranya ini.

Selain memiliki pantainya yang indah, kini hadir satu destinasi wisata baru yang menjadi ikon baru di Pulau Makassar. Terbangunnya jembatan apung negeri sembilan di Kelurahan Liwuto saat ini ramai dikunjungi warga, baik untuk mengambil gambar dan berselfie ria serta berguna juga untuk tambatan perahu untuk menurunkan penumpang.

Suasana pagi di jembatan apung negeri sembilan ini terasa indah saat menyaksikan sunrise saat muncul dari peraduannya. Sinar mentari pertama seakan mewarnai laut teluk Baubau yang begitu tenang saat di pagi hari begitu menyejukan hati saat memandangnya.

“Jembatan apung ini menjdi permintaan masyarakat dan lokasinya dihibahkan sepenuhnya untuk pembangunan jembatan,”kata Zahuna Jasmin warga menghibahkan lahan untuk akses jembatan apung.

Kehadiran jembatan apung negeri sembilan ini menjadi harapan baru masyarakat Puma menjadi destinasi wisata baru. Jembatan yang dibangun melalui anggaran Kementerian Keluatan dan Perikanan akan bermanfaat besar bagi masyarakat. Pasalnya, bisa menjadi multifungsi, baik sebagai tambatan perahu maupun sebagai lokasi wisata pantai di Kelurahan Liwuto.

Namun satu yang menjadi kendala saat ini, dermaga apung belum memiliki penerangan yang maksimal. Bahkan, untuk penerangan sementara, aliran listrik masih disediakan secara swadaya oleh masyarakat sekitar.

“Harapannya kita ada sambungan listrik di lokasi ini sehingga fungsinya bisa maksimal kalau malam hari,” kata Fido salah satu warga setempat.

Warga Kota Baubau khsusnya warga Pulau Makassar harusnya berbangga hati dengan berlimpahnya anugrah Tuhan berupa keindahan wisata pantai yang terbentang di sekeiling pulau. Harapan besar masyarakat agar perhatian Pemerintah terhadap destinasi wisata di Puma dimanfaatkan untuk kepentingan daerah.

Catatan: Nelvida A

Pin It on Pinterest