– Fajar Ishak: Perlu Kajian Sehingga Tidak Sekedar Khayalan

Peliput: Zaman Adha

BAUBAU, BP – Dalam rapat pembahasan rancangan Anggaran Pengeluaran Belanja Daerah RAPBD) 2017, Pemerintah Kota Baubau berencana mengembangkan Pelabuhan Jembatan Batu, mengalihfungsikannya menjadi Pelabuhan Marina yaitu dermaga yang digunakan untuk kapal pesiar maupun speed boat, khusus untuk naik turunnya penumpang saja tanpa ada bongkar muat barang.
Demikian dikatakan Kepala Bappeda Dr Roni Muchtar MPd, Kamis (24/11). Pemerintah Kota Baubau telah menyiapkan desainnya, yang mana pelabuhan ini tidak lagi digunakan sebagai pelabuhan bongkar muat barang, melainkan pelabuhan penyeberangan orang.

“Sebenarnya pemerintah sudah punya rencana pengembangan pelabuhan jembatan batu, kami coba alih fungsikan menjadi jembatan marina dan itu sudah ada desainnya,” katanya.
Pembangunan jembatan ini juga dalam rangka pengembangan pariwisata di Kota Baubau, karena pelabuhan marina akan dilengkapi dengan ruang terbuka hijau (RTH). Pihaknya juga menyebutkan, kondisi Pelabuhan Jembatan Batu yang semakin semerawut dan tidak teratur.

“Kita sepakat memang kondisi saat ini jembatan batu itu sudah sangat sumpek dan terganggu kondisi lalu lintasnya, karena kepadatan angkutan. Gudang-gudang yang ada itu akan diatur, sehingga menjadi kawasan yang bagus,” tuturnya.

Sementara itu, salah satu anggota DPRD, Fajar Ishak meminta kepada Pemerintah Kota Baubau untuk melakukan kajian lebih mendalam untuk merubah fungsi jembatan batu menjadi Pelabuhan Marina. Karena perencanaannya harus matang, sehingga pembangunannya nanti dapat terealisasi dengan baik.

“Kalau Pelabuhan Marina berarti pelabuhan khusus orang, bukan pelabuhan bongkar muat barang, sehingga membutuhkan kajian finger seperti apa yang akan dibuat, kalau sudah ada masterplannya maka harus ada perhitungan secara matang, tidak dihayalkan saja,” paparnya.

Pihaknya juga menyarankan Kepada Pemerintah Kota Baubau, agar membentuk Perusahaan Daerah (Perusda) kepelabuhanan, sebagai perpanjangan tangan pemerintah, dalam mengelola pelabuhan.
Kepala Dinas Perhubungan, Muh Salim mengungkapkan, pihaknya saat ini sudah menyiapkan perencanaan dalam rangka pengalihfungsian Jembatan Batu menjadi Pelabuhan Marina. Dinas Perhubungan akan menambah finger Jembatan Batu menjadi empat. (**)

Pin It on Pinterest