Peliput: Anton – Editor: La Ode Adrian

LABUNGKARI, BP – Berdasarkan data Departemen Agama Kabupaten Buton Tengah, sebanyak 36 kader Kerukunan Umat Beragama (KUB) yang berasal dari desa-desa di Kecamatan Gu Kabupaten Buton Tengah resmi dikukuhkan oleh Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kakanwil Kemenag) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) H Moh Ali Irfan SE MM MAk.
36 KUB yang dikukuhkan berasal dari tokoh-tokoh masyarakat, tokoh perempuan, dan pemuka-pemuka agama yang berbeda keyakinan sesuai dengan agama yang berkembang di Buton Tengah, yaitu Islam dan Kristen Katolik.

Kegiatan pengukuhan tersebut merupakan rangkaian dari upacara memperingati Hari Amal Bakti (HAB) Kementerian Agama ke-71 di Kecamatan Gu.

Dalam sambutannya, Kakanwil Kemenag Sultra H Moh Ali menyampaikan bahwa kegiatan HAB Kemenag adalah sarana untuk meningkatkan kebersamaan dan kerukunan diantara Aparatur Sipil Negara (ASN) dan masyarakat secara keseluruhan.
“Rangkaian kegiatan Hari Amal Bakti Kementerian Agama ini, merupakan sarana kita untuk meningkatkan kebersamaan kerukunan diantara ASN dan masyarakat yang hadir pada kesempatan hari ini,” katanya, Minggu (11/12).

H Moh Ali juga mengucapkan selamat kepada para kader KUB yang telah dikukuhkan, dengan harapan agar para kader bisa bekerja secara efektif dan menggalang kebersamaan dengan masyarakat.

“Kami sebagai pimpinan Kanwil, mengucapkan selamat kepada kader-kader kerukunan, yang saya harap sekali kader kerukunan bisa bekerja secara efektif dan secara bersama-sama dengan masyarakat, untuk menggalang kerukunan diantara umat beragama,” ucapnya.

Dijelaskan, kader KUB mengemban tugas bangsa dan negara dalam mewujudkan pelaksanaan nilai-nilai keagamaan di lintas agama, demi kesinambungan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

“Pada dasarnya, kader kerukunan yang diharapkan oleh bangsa dan negara, untuk bagaimana mewujudkan pelaksanaan nilai-nilai keagamaan antar lintas agama, yang tentunya ada di Kabupaten Buton Tengah. Dan diharapkan, kerukunan ini tetap berjalan, sehingga kesinambungan NKRI tetap ada sebagaimana yang kita harapkan bersama, demi terciptanya kerukunan diantara umat beragama,” jelasnya.

Dan ditergetkan, KUB juga akan dikukuhkan untuk tiap kecamatan yang ada di Kabupaten Buton Tengah secara merata, dan membentuk Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) di tingkat kabupaten.

“Agenda kita dari Kanwil, kader-kader kerukunan itu akan ada disetiap kecamatan, itu target saya. Dan untuk sementara yang kita kejar itu adalah berdirinya pengurus FKUB ditingkat kabupaten yang merata, terutama di daerah-daerah pengembangan, setelah itu kita menyemarakkan pengukuhan kader-kader kerukunan diseluruh kecamatan,” tutupnya.(*)

Pin It on Pinterest