Teguh Santoso

BAUBAU, BP – Untuk memudahkan masyarakat, Kantor Imigrasi (Kanim) kelas III Non TPI Baubau kembali buka pelayanan paspor simpatik di akhir pekan. Sebelumnya layanan paspor simpatik ini dilaksanakan dalam rangka memperingati Hari Bhakti Imigrasi (HBI) ke-70 yang jatuh pada tanggal 26 Januari 2020.

Pelayanan dibuka sekali dalam sebulan, lebih tepatnya hari Sabtu di minggu kedua setiap bulannya. Jumlah kuota yang ditarget ada 30 pemohon. Pelayanan ini khusus pemohon paspor baru dan penggantian paspor habis berlaku.

Sementara pelayanan untuk penggantian paspor hilang dan paspor rusak belum diberlakukan karena pelayanan itu cukup memakan waktu.

Kepala Kantor Imigrasi (Kakanim) Kelas III Non TPI Baubau, Teguh Santoso mengatakan di bulan Maret nanti pihaknya mulai laksanakan di Lippo Plaza Buton. Tujuannya tidak lain untuk lebih dekat dengan masyarakat.

“Hari Sabtu, bulan Maret diminggu kedua kita mulai laksanakan di Lippo, kita sudah koordinasikan,” katanya Sabtu (15/02).

Lanjut Teguh menuturkan, pihaknya sudah sosialisasikan layanan simpatik ini melalui media sosial guna masyarakat tahu akan programnya. “Soal ini, kita sudah sosialisasikan itu di media sosial,” tuturnya.

Di tempat yang sama, Kepala Bidang Intelda dan Infokim Kanwil Sultra, Tjatur Soemardianto mengatakan hal yang sama senada bahwa pihaknya laksanakan program di luar jam kerja itu selain memudahkan masyarakat juga tujuannya untuk menjemput bola atau mendatangi langsung masyarakat.

“Artinya kita tidak hanya menunggu masyarakat datang di Kantor saja tapi kita langsung datang membaur ke masyarakat,” tuturnya.

Lebih lanjut ia mengatakan selain mendekatkan diri kepada masyarakat, kehadiran Imigrasi sekarang ini untuk agar masyarakat tahu bahwa imigrasi telah hadir di setiap daerah untuk memudahkan masyarakat mengurus paspor.

“Selain lebih dekat dengan masyarakat, pelayanan ini agar masyarakat lebih mengetahui bahwa imigrasi sudah lama hadir di setiap daerah untuk melayani masyarakat,” tutupnya.

Peliput: Asmaddin

Pin It on Pinterest