Peliput: Iman Supa

RAHA, BP – Kecamatan Lohia, Kabupaten Muna merupakan surganya tempat wisata di Kabupaten Muna. Pasalnya banyak tempat wisata unggulan berada di Kecamatan Lohia seperti Panati Napabale, Pantai Meleura, Puncak RE/ Puncak Motonuno, Gua Liangkabori, Puncak Wakila, Danau Motonuno hingga Danau Ubur-ubur.

Satu lagi tempat wisata yang belum lama di temukan masyarakat setempat yakni Gua Seribu Bintang yang terletak di Desa Lakarinta, Kecamatan Lohia tidak jauh dari pantai Meleura. Menurut Penjaga keamanan gua La Jali(28), gua Seribu Bintang atau masyarakat setempat menyebutnya gua Jodoh, menceritakan adanya sepasang kekasih yang bersembunyi dari kejaran akibat hubungan yang tidak direstui.

“Sepasang kekasih mereka melarikan diri bersembunyi didalam gua (Gua Seribu Bintang) untuk menyelamatkan diri karena dalam hubungan mereka tidak direstui pihak keluarga perempuan, karena si laki-lakinya dari keturunan yang rendah,” jelasnya.

Sementara itu, pemilik lahan gua La Bakia(66) menambahkan, gua tersebut belum lama dibuka untuk umum. Pasalnya dahulu dikenal gua tersebut memiliki cerita mistis dengan adanya penguni gua berupa ular sehingga masyarakat tidak berani masuk. Namun saat ini hewan tersebut tidak pernah lagi ditemukan.

Untuk diketahui, penamaan Gua Seribu Bintang berawal dari sekolompol anggota Pramuka yang melaksanakan kegiatan kemah di Melaura melihat gua tersebut terdapat ribuan stalagmid yang bersinar seperti bintang sehingga dinamakan Gua Seribu Bintang. (*)

Pin It on Pinterest