LABUNGKARI, BaubauPost.Com – Keindahan pantai di Buteng memang tidak diragukan lagi, salah satunya Pantai Katembe yang terletak di Desa Madongka, Kecamatan Lakudo, Kabupaten Buton Tengah, diimama pasirnya memiliki dua warna, dimana salah satu warnanya sama dengan pantai pada umumnya yakni berwarna putih, namun juga memiliki warna merah jambu.

Hera, salah satu pengunjung pantai mengatakan, Pantai Katembe memiliki panorama yang dapat memanjakan mata siapa saja yang berkunjung, mengingat keindahannya yang menjanjikan.

“Saya baru sekali kesini karena saya dengar kalau Pantai Katembe ini bagus dipakai foto-foto dan panoramanya bagus, ternyata terbukti kalau kita lihat pasirnya putih berwarna pink dan bagus kalau kita foto-foto, apa lagi pemandangannya memanjakan mata siapa saja yang datang kesini,” ungkapnya.

Muliadi, yang merupakan warga setempat menjelaskan, Pantai Katembe juga memiliki cerita legenda Wandiu-ndiu, atau seorang ibu yang berubah menjadi putri duyung dan meninggalkan anak-anaknya.

“Pantai ini penuh dengan cerita legenda yang sudah terkenal, salah satunya cerita Wandiu-ndiu, jadi di sinilah tempatnya asal itu cerita, jadi bulan-bulan tertentu dipantai ini (Katembe) dilewati oleh duyung-duyung,” katanya.

Muliadi juga mengatakan bahwa, di dekat Pantai Katembe memiliki sumur yang tidak akan pernah kering sama sekali, walau musim kemarau melanda.

“Didekat pantai terdapat sumur yang tidak perna habis airnya, jadi walau kemarau tidak perna habis itu airnya didalam, jadi bisa dilihat saja disumur itu, pokoknya banyak wisata dan cerita rakyat di Buteng ini,” tutupnya.

Pin It on Pinterest